; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Photo Yearbook dan Bali Omah Isi Kegiatan Sekolah di Awal-Awal Tahun Baru

Jum'at, 05 Januari 2024 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 630 Kali

Smansade Update – Kebersamaan perlu diukirkan dalam bentuk memori bergambar. Peduli dengan sekolah juga menjadi salah satu tanda bakti alumni. Dua kegiatan dengan tema berbeda dijalankan dalam waktu bersamaan. Berharmoni demi kepentingan sekolah yang berpihak pada peserta didiknya.

Selasa (02/01/2024) menjadi penanda dimulainya semester genap 2023/2024. Vibes tahun baru masih terasa. Udara basah sekolah dengan pemandangan asri dan segar menyambut civitasnya kembali yang setelah dua minggu libur semesteran. Hari itu, kegiatan belajar mengajar di Smansade kembali aktif.

Kegiatan hari pertama diisi dengan apel sekolah. Seluruh civitas dibariskan di lapangan tengah untuk mendengarkan dengan seksama pesan-pesan yang disampaikan kepala sekolah sebagai pembina apel.

Solikhin, S.Pd., M.Pd sebagai kepala sekolah sekaligus pembina apel menyampaikan pentingnya menjaga integritas di tahun yang baru sekaligus digunakan sebagai pelecut semangat untuk dapat lebih berprestasi demi kemajuan sekolah.

Selepas apel, kelas X melakukan bersih-bersih ruang kelas dan taman-taman didepan kelas. Sementara kelas XI dan XII mendapatkan kunjungan dari alumni sekolah dalam rangka kegiatan Bali Omah 2024. Tambahan, untuk kelas XII juga diadakan kegiatan pemotretan yearbook (buku album angkatan). Praktis hari pertama semester genap 2023/2024, sekolah memaksimalkan kegiatannya dengan efektif.

Pemotretan buku album adalah kegiatan tahunan sekolah yang memfasilitasi peserta didik kelas XII untuk mengukir kenangan. Sebanyak 12 kelas mengikuti sesi tersebut. Termasuk dewan guru dan tenaga kependidikan juga mendapatkan kuota pemotretan. Nantinya buku album tersebut akan dibagikan ketika kelas XII telah lulus.

Muhammad Ariffandi, S.Pd selaku pembina OSIS dan MPK yang mengawal kegiatan yearbook mengatakan bahwa penting memberi kenangan manis untuk siswa-siswi selama mereka belajar menimba ilmu di sekolah.  

“Kita fasilitasi kegiatan yearbook ini karena memiliki makna yang bagus untuk siswa-siswi. Sebagai ‘hadiah’ mereka ketika lulus nanti. Jadi, buku album tersebut ibarat seperti ‘mesin waktu’ yang dapat memutar kenangan-kenangan mereka ketika masih bersergam SMAN 1 Demak,” terang guru sosiologi tersebut.

Ukir Kebersamaan Melalui Yearbook Sekolah

Dokumentasi Pribadi

 

Sementara itu, kegiatan Bali Omah 2024 menjadi wadah bertemunya alumni sekolah dengan adik-adik kelasnya. Tujuan utamanya memberikan informasi dan persiapan-persiapan untuk menuju jenjang perguruan tinggi. Alumni-alumni datang mengenakan jaket almamater kampus tempatnya menimba ilmu. Seperti dari Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Sultan Agung (Unissula), sekolah kedinasan, dlsb.

Farhan Cahya Permana, alumni tahun 2023 yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut menyampaikan jika Bali Omah 2024 adalah salah satu cara alumni mengikatkan diri dengan sekolah tercintanya.

Bali Omah 2024 kali ini sedikit berbeda. Selain kelas XII yang pasti kita beri sosialisi, kelas XI juga mulai kita kenalkan dengan dunia kampus. Saya sebagai perwakilan teman-teman alumni merasa bahwa adik-adik kelas XI juga sudah banyak yang memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mungkin dikarenakan efek kurikulum merdeka yang sudah menjuruskan minat adik-adik dari kelas XI. Menurut saya kegiatan Bali omah menjadi salah satu kontribusi positif sebagai alumni SMAN 1 Demak,” terang mahasiswa UNS jurusan informatika tersebut.

Tetap terhubung dengan sekolah tercinta melalui kenangan pemotretan bersama dan bertemu dengan alumni-alumni yang memberikan gambaran jenjang pendidikan selanjutnya menjadi bukti sekolah selalu berorientasi pada siswa. (BA/Hum).

Sekolah Alumni Budaya

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT