; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Khidmat dan Meriahnya Upacara Kemerdekaan di Lingkungan Sekolah

Jum'at, 18 Agustus 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 907 Kali

Oleh:   (1) Rahma Rosita (Jurnalistik Smansade 2023, XII-A8)

(2) Dzikrina Adibah Salma (Jurnalistik Smansade 2023, XII-A8)

Penyunting: Baihaqi Aditya, S.Pd

Smansade Update - Tuhan Yang Maha Esa berkuasa atas segala peristiwa yang ada di bumi milik-Nya. Atas kuasa dan kehendak-Nya pula, perjuangan dengan mempertaruhkan jiwa dan raga demi kemerdekaan negara menunjukkan hasilnya. Tujuh puluh delapan tahun, Republik Indonesia diberkahi dengan kemerdekaan. Tepat pada hari ini, di bulan penuh sukacita dan harapan untuk negeri.

Pagi ini (17/08/2023) civitas SMAN 1 Demak berbaris rapi dan tertib untuk melaksanakan upacara menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-78. Upacara bendera dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Momen sacral tersebut diikuti oleh seluruh dewan guru, tenaga kependidikan, dan semua peserta didik dari jenjang kelas X, XI, dan XII di lingkungan SMAN 1 Demak.

Pengibaran Merah-Putih diiringi lagu 17 Agustus 1945, mengheningkan cipta, serta parade lagu kemerdekaan merasuk jiwa dan hati sanubari peserta upacara. Kepala SMAN 1 Demak, Solikhin, S.Pd. M.Pd. yang menjadi pembina upacara dalam amanatnya menegaskan bahwa betapa besarnya jasa para pahlawan agar mendapatkan kemerdekaan yang abadi dan wajib untuk direnungkan oleh segenap generasi saat ini yang menikmati buah kemerdekaan.

“Indonesia merupakan negara yang memiliki sejarah luar biasa. Demi meraih kemerdekaan, para pejuang mempertaruhkan segala yang dimiliki: air mata, harta, darah, dan jiwa. Demi siapa? Demi kehidupan yang lebih baik pada generasi setelah mereka. Maka dari itu, ingat, hargai, dan terapkan usaha kita di era saat ini untuk dapat berkontribusi kepada negara. Sebagai pelajar, wajib untuk anda sekalian bertanggung jawab penuh dengan ilmu yang didapatkan selama proses pembelajaran. Demi Indonesia yang lebih baik di masa depan,” tuturnya dengan penuh semangat.

Perhatian utama dalam upacara tertuju pada pasukan pengibar bendera yang berbaris rapi dengan postur tegap dan memunculkan aura tegas. Pasukan pengibar bendera kebanggaan sekolah yang tergabung dalam ekstrakurikuler BARATA SMA N 1 Demak sukses menjalankan amanah yang diberikan demi khidmatnya pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus 2023 ini. Perjuangan berlatih secara rutin membuahkan hasil manis pada puncak hari kemerdekaan. Rona kebahagiaan dan kebanggaan yang tampak dari raut wajah para pasukan karena mereka berhasil mengibarkan Merah-Putih.

Pasukan Pengibar Bendera siap menjalankan amanah yang diberikan

Usai upacara dilanjut dengan pengumuman lomba kebersihan kelas yang berlangsung sepekan terakhir sebelumnya. Para siswa siswi tentunya sangat antusias untuk mengetahui pemenang lomba tersebut. Bagi kelas yang memenangkan lomba tersebut mendapatkan hadiah berupa kipas angin dan jam dinding. Lomba kebersihan tersebut diharapkan agar siswa untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan dalam proses pembelajaran.

Disaat yang bersamaan,di alun-alun Demak Kota diadakan upacara bendera dengan Bupati Demak sebagai inspekturnya. Smansade mengirimkan perwakilannya melalui tiga kelas (XI-4, XI-8, XI-10) dan 25 siswa-siswi fungsionaris kepramukaan SMAN 1 Demak. Total sebanyak 133 civitas SMAN 1 Demak mengikuti upacara di tengah kota bersama peserta dari instansi lain.

Segala bentuk dokumentasu mengenai event upacara kemerdekaan di SMAN 1 Demak dapat dilihat lebih lanjut melalui akun Instagram @smansademak dan @paskibrabarata.

Tujuh puluh delapan tahun merdeka, tujuh puluh delapan tahun berusaha demi Indonesia yang lebih mulia. Dirgahayu Republik Indonesia ke-78. Terus Melaju Untuk Indonesia Maju!

Sekolah Paskibra Upacara
  1. TULISAN TERKAIT