; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

PENYALURAN BANTUAN UPZ BAGI SISWA SMA NEGERI 1 DEMAK

Senin, 19 April 2021 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 1542 Kali

SMANSATU- Umat muslim di dunia kembali melaksanakan ibadah puasa atau shaum pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah pada tahun ini. Momentum bulan yang diyakini penuh berkah nan melimpah ini dimanfaatkan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui sisi bantuan kemanusiaan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah melalui programnya yang bernama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) melaksanakan pemberian bantuan materiil kepada peserta didik pada jenjang SMA/SMK se-Jawa Tengah. Tujuan pelaksanaan bantuan UPZ dimaksudkan agar meringankan beban ekonomi peserta didik akibat terdampak COVID-19. Peserta didik yang diprioritaskan dapat memperoleh bantuan tersebut memiliki kriteria tertentu seperti termasuk golongan ekonomi lemah dan memiliki prestasi yang baik di sekolah.

Pada tahun 2021 ini, SMA Negeri 1 Demak menerima bantuan UPZ untuk empat peserta didiknya yang diusulkan. Mereka antara lain Muhammad Khasan, Muhammad Aris Rijalul Hikam, Fajar Abdul Majid dan Ramadhani Satrianto. Pemberian bantuan telah melalui koordinasi dengan pihak terkait yakni Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah II selaku representasi Dindikbud Jawa Tengah di Kabupaten Demak. Akibat kondisi dan keadaan yang masih dibatasi, maka mekanismenya yaitu bantuan yang dicairkan oleh pihak KCD kemudian secara kolektif diwakilkan pihak sekolah, dalam hal ini bidang kesiswaan untuk meneruskannya kepada masing-masing peserta didik penerima bantuan UPZ. Bantuan disalurkan pada 30 Maret 2021 di lingkungan sekolah. Adapun pada tahun 2021 besaran nominal UPZ sebesar Rp. 1.200.000,- per siswa.

“Bantuan dari UPZ yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi ini diharapkan memberikan dampak yang baik bagi siswa. Terlebih dikondisi seperti ini dimana aspek ekonomi yang paling terdampak akibat pandemi. Mereka dapat meringankan beban pengeluaran keluarga dengan membeli berbagai kebutuhan terutama yang diprioritaskan pada bidang pendidikan agar kegiatan belajarnya dapat lancar seperti teman-teman yang lainnya.” Ungkap Winarno, S.Pd, M.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

Sumber dana bantuan yang didapatkan dalam program UPZ di tingkat provinsi Jawa Tengah merupakan himpunan dan santunan dari Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) sebesar 2,5 % bagi guru yang berstatus ASN pada satuan pendidik SMA/SMK se-Jawa Tengah. Seyogyanya bantuan tersebut benar-benar dapat meringankan penerima bantuan. Giat kemanusiaan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah ini menjadi satu dari banyak langkah kebaikan yang menjadi bukti bahwa sebagai sesama manusia harus memiliki rasa kemanusiaan yang kuat pula, terutama di bulan penuh rahmat ini dimana semua pintu kebaikan dibuka seluas-luasnya (Ba/Cr/Hum).

Kesiswaan Humas Ramadhan
  1. TULISAN TERKAIT