; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Rayakan HUT Sekolah, Lomba Guru dan Murid Jadi Pembuka GIGAINNOVATION 2023

Selasa, 01 Agustus 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 455 Kali

Oleh: Vanessa Rose (Jurnalistik SMAN 1 Demak 2022)

Penyunting: Baihaqi Aditya, S.Pd

Smansade UpdateSmansade kembali memantapkan eksistensinya. Menjadi sekolah menengah atas berpredikat favorit dan terbaik di Kabupaten Demak dengan bebagai prestasi bergengsi yang dimiliki sebagai buktinya. Tahun ini, big event GIGAINNOVATION kembali hadir, menandai bertambahnya usia SMA NEGERI 1 DEMAK ke-59 tahun.

Senin (31/07/23), ketika mentari hangat membias cakrawala sekolah menjadi tanda dimulainya rangkaian acara peringatan hari ulang tahun sekolah. Tepat pukul 07.00 WIB seluruh siswa-siswi dari kelas X, XI, dan XII mengikuti apel pagi sekaligus peresmian acara oleh Solikhin, S.Pd, M.Pd. selaku kepala SMAN 1 Demak. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi antusiasme seluruh peserta didik. Selain itu, juga menekankan pesan bahwa momen istimewa seperti ini juga harus dibersamai dengan menguatnya semangat kembali berprestasi yang dapat disertakan pada lomba OSN-S dan FLS2N.

”Luar biasa antusiasme anda semua dalam menyambut hari istimewa untuk SMAN 1 Demak. Mari kita rayakan ulang tahun sekolah dengan semangat bergembira, bersemangat dan berprestasi. Kita pastikan eksistensi SMAN 1 Demak tetap yang terbaik dan berprogres ke arah yang lebih hebat. SMAN 1 Demak, cerdas santun berprestasi!” ujarnya dengan penuh semangat saat meresmikan acara.

Perlu diketahui, kultur GIGIAIINOVATION merupakan acara khas yang selalu diselenggarakan setiap tahun di SMAN 1 Demak. Oleh sebab itulah euforia yang mengikutinya tentu sangat meriah. Tahun ini GIGAINNOVATION 2023 mengusung tema Bring Back Our Soul.

Acara yang diselenggarakan oleh OSIS SMA NEGERI 1 DEMAK ini dimulai pukul 08.00 WIB. Siswa-siswi yang menjadi perwakilan tiap kelasnya berbondong-bondong menempati ruangan yang digunakan untuk lomba FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional). Ajang tersebut terdiri dari: baca puisi, poster digital, vokal solo dan gitar solo. Sebagai informasi tambahan, kompetisi FLS2N tingkat sekolah digelar guna menjaring bibit-bibit terbaik yang dimiliki sekolah sebagai persiapan lebih awal untuk maju ditingkat kabupaten tahun 2023.  

Sementara itu, di saat yang bersamaan, ketika senandung lagu telah diputar dan memenuhi ruang udara dimulailah lomba estafet dan gobak sodor di lapangan tengah. Menariknya, para guru dan tenaga kependidikan juga berpartisipasi melalui perlombaan yang dinamai bola beracun. Ikut terjun langsungnya dewan guru sukses membuat suasana lebih meriah. Bahkan para siswa ikut bersorak dan bertepuk tangan. Semakin tinggi Sang Surya menampakkan diri, penonton lomba juga semakin memenuhi area perlombaan. Sengatan mentari pagi tak menghalangi civitas Smansade untuk menikmati acara sembari berkeliling mencoba berbagai produk kuliner dari mitra sponsor yang telah disediakan.

Dewan guru ikut meriahkan perlombaan Gigaiinovation 2023

Kompetisi demi kompetisi berlangsung hingga teriknya siang datang menghampiri. Namun, itu bukanlah tanda usainya kegiatan. Pukul 13.00 WIB, ketika ISAMA (istirahat-salat-makan) telah selesai dilakukan, panitia menghimbau peserta untuk memulai OSN-S (Olimpiade Sains Nasional- tingkat Sekolah) yang diikuti kelas X dan XI. Derap sepatu menaiki tangga dan antrian memanjang di depan aula menggambarkan jumlah peserta dari setiap perwakilan kelas yang tidak sedikit. Lomba ini juga merupakan tradisi yang selalu dilangsungkan setiap HUT sekolah. Harapannya agar mengasah kemampuan dan menunjukkan potensi setiap siswa. Mereka yang terpilih terbaik dari yang terbaik nantinya akan mendapatkan pelatihan khusus dari sekolah dan maju pada OSN tingkat kabupaten 2023.

Sembilan puluh menit adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengakhiri pengerjaan OSN-S sekaligus pertanda perlombaan terakhir. Pukul 14.30, penutupan dari panitia mengakhiri kegiatan hari ini. Para siswa bergegas untuk pulang dan bersiap menyambut hari-hari berikutnya yang masih dalam suasana perayaaan.

Kembalikan jiwa yang haus akan prestasi, memiliki ingin tahu lebih terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengedapankan karakter adab sebagai pelajar harapan bangsa. Gigaiinovation 2023: Bring Back Our Soul! (VR/BA/Hum).

Sekolah Hutsmansade59 Lomba
  1. TULISAN TERKAIT