; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Persiapan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Peserta Didik Baru Ikuti Giat Pra-MPLS

Sabtu, 15 Juli 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 633 Kali

Smansade Update- Tirai tahun ajaran baru 2023/2024 sebentar lagi akan terbuka. Peserta didik baru bersiap mengenal lingkungan sekolah lebih mendalam melalui program-program yang telah disiapkan. Contohnya, diadakan pra-MPLS sebagai wadahnya.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menjadi elemen wajib yang harus ditempuh peserta didik baru dari setiap satuan pendidikan. Termasuk di lingkungan SMAN 1 Demak. Pagi itu, Jumat (14/07/2023) pemandangan mencolok tersaji di lapangan tengah sekolah. Wajah-wajah baru berpakaian sekolah asal (SMP/MTs) menampakkan eksistensinya di sekolah pilihannya. Merekalah generasi selanjutnya yang berjumlah 432 peserta. Giat pra-MPLS menjadi tajuk utamanya.

Pra-MPLS dikoordinasi oleh tim kesiswaan SMAN 1 Demak. Kemudian teknisnya ditindaklanjuti fungsional OSIS, MPK, dan dibantu pengkondisiannya oleh tim Paskibra BARATA. Sejak pukul 07.00 WIB, dilakukan apel dengan wakil kepala bidang kesiswaan berperan sebagai pembinanya. Menurut wakil kepala bidang kesiswaan, Winarno, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menginginkan setiap peserta MPLS nantinya mampu mengikuti kegiatan MPLS secara maksimal didasarkan perasaan bangga dan bergembira.\

“Kurikulum Merdeka berorientasi kepada kebutuhan peserta didik. Termasuk kegiatan MPLS. Saya sangat berharap kalian para generasi selanjutnya dari sekolah ini mendapatkan pengalaman-pengalaman luar biasa sehingga membantu pertumbuhan karakter yang positif. Ikuti kegiatan MPLS nanti dengan hati senang, riang gembira, dan bangga menjadi bagian dari SMAN 1 Demak. Cerdas, santun, berprestasi!” ujar guru olahraga tersebut berapi-api.

Pra-MPLS difokuskan pada pembagian peserta didik menjadi 12 gugus. Setiap gugus akan dibimbing oleh panitia MPLS yang terdiri dari perwakilan OSIS, MPK, dan Paskibra BARATA.

 

Dibagi menjadi gugus-gugus dan dibimbing oleh kakak kelas yang berperan sebagai panitia.

 

Sisi awal keakraban dan pengenalan antar anggota gugus juga dijadikan tujuan dalam pertemuan tersebut. Setiap gugus melakukan ice breaking dengan gayanya masing-masing.

Tata tertib selama nanti mengikuti MPLS juga disampaikan secara langsung lengkap dengan deskripsi penjelasannya. Seperti ketentuan pakaian MPLS, model rambut untuk putera, atribut yang dikenakan, dlsb.

Kegiatan ditutup pukul 09.30 WIB.

Pra-MPLS, ‘jembatan’ pengantar dan pengenal sebelum kegiatan utama tiga hari ke depan untuk peserta didik baru dilaksanakan. (BA/Hum).

Sekolah Mpls Kesiswaan
  1. TULISAN TERKAIT