; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Marvelous, Siswa-Siswi Smansade Tampil dalam Pembukaan Grebeg Besar Demak 2023!

Jum'at, 23 Juni 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 507 Kali

Smansade Update- Grebeg Besar merupakan kearifan lokal yang sudah menjadi bagian dari kultur masyarakat Kota Wali. Perpaduan unsur budaya, agama, dan fenomena sosial yang unik tersebut membawa warna sendiri untuk jatidiri Demak. Selayaknya event-event spesial, Grebeg Besar Demak dibuka secara resmi dengan meriah. Sala satunya menampilkan barisan modelling dari siswa-siswi pilihan Smansade.

Kompleks Pendopo Kabupaten Demak terlihat ramai malam itu. Lahan parkir penuh dengan deretan berbagai macam kendaraan. Sebuah bangunan yang menjadi pusat utama kompleks utamanya dipadati oleh tamu undangan. Termasuk para pemangku kebijakan Kota Wali.

Jumat (16/06/2023) dijadwalkan untuk seremonial pembukaan Grebeg Besar Demak 2023 di pendopo kabupaten. Dinas Pariwisata Kabupaten Demak diberi amanah sebagai penyelenggaranya. Demi mensukseskan acara tersebut, pihak dinas pariwisata memanggil total sepuluh siswa-siswi SMAN 1 Demak untuk berpartisipasi langsung didalamnya. Tak main-main, diproyeksikan perwakilan Smansade akan langsung tampil pada pembukaan sebagai modelnya.

Sepuluh siswa-siswi pilihan itu terbagi menjadi dua kategori. Tujuh diantaranya pelajar aktif sedangkan tiga lainnya sudah berstatus alumni SMAN 1 Demak. Mereka bersepuluh antara lain: Thalita Intan Verina Dyanasari (X-4), Josephine Jeany Yobelita (XI-MIPA 2), Najila Azarin (XI-MIPA 3), Marshanda Surya Lestari (XI-MIPA 8), Zahra Azalia (XI-IPS 1), Hilmi Dhiya Ulhaqi (XI-MIPA 2), Abdul Qodir Al-Ghifari (XI-IPS 1), Indra Bayu Krisna (alumni 2023), Muhammad Nur Wahid Baidhowi (alumni 2023), dan Ustman Shihab (alumni 2018).

 

Representasi Smansade beri kontribusi nyata untuk kota tercinta

 

 Representasi Smansade yang dipilih tersebut melakukan fashion show talenting. Memakai busana casual yang dipadukan dengan kultur pakaian Demakan karya desainer lokal, penampilan siswa-siswi SMAN 1 Demak lebih dari biasa. Harmoni dan tersinkronisasi hingga mengundang decak kagum yang hadir malam itu.

Acara yang berlangsung kurang lebih tiga jam tersebut berjalan lancar. Muhammad Nur Wahid Baidhowi, salah satu peserta fashion show mengungkapkan kesannya.

“Pengalaman baru, langka dan luar biasa yang didapatkan! Dapat tampil di depan para petinggi dan pejabat Demak it something incredible. Jujur, sebenarnya agak nervous, tapi tetap harus tampil maksimal dan profesional. Alhamdulillah semua berjalan lancar,” ujar siswa yang baru saja diterima kuliah jurusan kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2023 tersebut.

Grebeg Besar Demak dirayakan untuk memperingati Hari Raya Idul Adha. Terdapat seremonial parade Prajurit Patang Puluhan dan festival rakyat berkonsep pasar malam di kawasan Tembiring.

Sekali lagi, SMAN 1 Demak berikan kontribusi nyata dengan mengirimkan perwakilan-perwakilannya di daerah. Smansade Yes, Smansade Juara! (BA/Hum).

Sekolah Budaya Kesiswaan
  1. TULISAN TERKAIT