; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Awal Masuk Pasca Libur Lebaran, Sekolah Adakan Halal Bi Halal Sekaligus Perpisahan

Kamis, 27 April 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 527 Kali

Smansade Update- Hari Raya Idul Fitri memiliki posisi istimewa di negeri ini. Ajaran agama yang beresonansi dengan kultur lokal ciptakan harmonisasi kemanusiaan. Bermaaf-maafan atau lebih populer dengan sebutan halal bi halal jadi salah satunya. Sekolah pun menyelenggarakannya.

Cuti bersama dalam memperingati Idul Fitri 1444 H telah usai. Aktivitas kerja dan pembelajaran bergaung kembali. Rabu (26/04/2023) menjadi awalnya. Masih dalam nuansa hari raya, sekolah memanfaatkannya dengan baik. Momentum tersebut diisi dengan tema halal bi halal.

Agenda didahului dengan apel pagi untuk seluruh civitas akademika SMAN 1 Demak pukul 07.00 WIB. Mulai dari dewan guru, tenaga kependidikan, peserta didik kelas X, dan siswa-siswi kelas XI hadir di lapangan utama sekolah. Pada amanatnya, kepala sekolah sebagai pembina apel, Solikhin, S.Pd., M.Pd menyampaikan betapa pentingnya momen Idul Fitri untuk saling bertemu dan dengan kerendahan hati memaafkan kesalahan-kesalahan yang telah berlalu.

“Idul Fitri adalah momen yang tepat untuk kita semua dalam mengintropeksi diri. Momen yang baik untuk saling memaafkan dan momentum yang pas untuk kembali ke Fitri,” ungkapnya.

Selesai apel, kegiatan dilanjutkan dengan saling bermaafan antara siswa-siswi dengan bapak/ibu guru dan tenaga kependidikan dengan konsep satu persatu saling berjabat tangan sembari mengucapkan kata maaf. Diiringi dengan musik khas Idul Fitri, giat halal bi halal secara masal tersebut berlangsung semakin khidmat, Acara di lapangan selesai pukul 08.00 WIB. 

Civitas akademika Smansade lakukan kegiatan Halal bi Halal sebagai bagian dari momen Idul Fitri

Halal bi Halal atau saling bertemu, berjabat tangan, dan memaafkan saat momen Idul Fitri secara historis merupakan kultur yang unik dan populer dilakukan di Indonesia pada awal abad 20. Begitu juga dengan istilah Minal Aidzin Wal Faidzin. Sementara di negeri-negeri Timur-Tengah sebagai the Home of Islam sendiri tidak terlalu mengenal kebudayaan tersebut saat hari raya.  Meskipun terdapat perbedaan, namun makna kuat yang terkandung didalamnya sarat akan nilai-nilai kemanusiaan. Bersilaturahmi dan saling instropeksi diri.

 

Perpisahan Setelah 30 Tahun Pengabdian

Selain kegiatan Halal bi Halal dengan siswa-siswi, terdapat agenda penting lainnya yang digelar sekolah. Aula sekolah dipilih sebagai venue acaranya.  Pamitan sekaligus perpisahan dari Kepala Tata Usaha SMAN 1 Demak menjadi tajuk utamanya.

Praptopo, S.Sos merupakan figur yang telah mengabdi lama di SMAN 1 Demak. Terhitung Sejak Bulan Februari 1990 sudah mematrikan separuh kisah hidupnya membersamai perkembangan sekolah. Awal karir di Smansade menjadi laboran sekolah (1990-1997). Kemudian selama kurang lebih 20 tahun diberi amanah menjadi bendahara gaji (1997-2017). Sedangkan enam tahun terakhir (2017-2023) berperan sebagai kepala tata usaha. Tercatat, sudah 12 kepala sekolah yang bermitra memajukan nama besar SMAN 1 Demak dengannya.

Dari kiri ke kanan:

Suroso, S.Pd., M.Pd; Dra. Any Noor Arofah, M.Pd; Praptopo, S.Sos; Rochanawati, S.Pd., M.Si; dan Solikhin, S.Pd., M.Pd.

 

People come and go. Ada pertemuan tentu melekat suatu saat akan terjadi perpisahan. Terhitung per 01 Mei 2023 nanti, kepala tata usaha SMAN 1 Demak menuntaskan masa baktinya setelah lebih dari 30 tahun bekerja. Menikmati waktu purnanya. Pesannya kepada dewan guru maupun tenaga kependidikan, terutama yang masih dalam usia matang yaitu bekerja secara ikhlas dan berkelas demi kemajuan sekolah.

“Saya undur diri, pamit dari SMAN 1 Demak. Namun ikatan kekeluargaan dan komunikasi Inshaallah masih terjalin dengan baik. Tolong tetap pastikan SMAN 1 Demak menjadi lebih maju dari sekarang ke depannya nanti dengan semangat bekerja secara ikhlas dan berkelas,” tutupnya.

Saling bermaaf-maafan dan gelar acara pamitan, dua momen dengan dua kutub berbeda namun memiliki inti yang sama: kemanusiaan. (BA/Hum).

Sekolah Idul Fitri Purna
  1. TULISAN TERKAIT