; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Teruskan Marwah Beprestasi, Smansade Juara Umum POPDA 2023

Selasa, 07 Maret 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 323 Kali

Smansade Update- Nadi juara terus berdenyut. Menjadi bukti eksistensi dan keunggulan dari instansi. Event POPDA 2023 memberikan jawaban pasti.

POPDA (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) adalah salah satu kompetisi bergengsi dalam berbagai cabang olahraga di setiap daerah yang melibatkan pelajar-pelajar yang menjadi representasi masing-masing sekolahnya. Sifatnya rutinitas setahun sekali dan berjenjang. Mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi. Gelaran POPDA tingkat kabupaten tahun ini, SMAN 1 Demak berhasil merengkuh predikat juara umumnya.

Gelaran POPDA Kabupaten Demak tahun 2023 melombakan tiga cabang olahraga, yaitu: senam, catur, dan bola voli indoor. Adapun pelaksanannya dilakukan secara serentak pada yanggal 7-9 Februari 2023 silam.

Berdasarkan Surat Edaran Hasil Akhir POPDA Kabupaten Demak Tahun 2023 bernomor 426/201, posisi Smansade kokoh di puncak klasemen. Mengoleksi skor 45 membuat posisi ranking satu tak tergoyahkan. Unggul tipis dari SMAN 1 Karanganyar Demak dengan skor 44 sebagai kompetitor terdekat dalam helatan tersebut.

Surat Edaran Hasil Akhir POPDA yang dikeluarkan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (DINPORA) Kabupaten Demak tersebut merinci pencapaian yang diraih kontingen pelajar SMAN 1 Demak. Hampir di setiap cabang, perwakilan Smansade mematrikan prestasinya.

Medali emas didapatkan melalui cabang olahraga: catur kilat putra (1), senam artisitik meja lompat putra (1), dan senam aerobik tunggal putra (1).

Sedangkan medali perak didapatkan setelah perwakilan-perwakilan Smansade menempati posisi runner-up pada cabang olahraga: catur putra cepat (1), catur putri kilat (1), senam artistik lantai putri (1), senam artistik beregu putri (1), senam ritmik bola putri (1), dan senam aerobik tunggal putri (1).

Sementara untuk medali perunggu atau yang menempati posisi ketiga, didapatkan setelah mengamankan cabang olahraga: senam artistik lantai putra (1), senam artistik palang sejajar putra (1), senam artistik serba bisa putra (1), senam artistik lantai putri (1), senam artistik meja lompat putri (1), senam artistik serba bisa putri (1), senam ritmik simpai putri (1), dan senam artistik tunggal putri (1).

Cabang olahraga senam menjadi penyumbang terbanyak prestasi POPDA 2023.

Menanggapi pencapaian tersebut, wakil kepala bidang kesiswaan Winarno, S.Pd., M.Pd menyuarakan rasa bangganya dan berharap marwah tersebut dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya.

Alhamdulillah, pada tahun ini Smansade menjadi juara umum POPDA 2023. Prestasi luar biasa ini memang menjadi buah manis dari kerja keras, keuletan, dan kesungguhan dari tiap pihak khususnya para atlet-atlet yang mewakili sekolah. Hal ini juga menjadi sinyalmen yang baik dan menjadi bukti bahwa SMAN 1 Demak tidak hanya unggul dibidang prestasi akademik tetapi juga dapat berbicara banyak pada ajang non-akademik. Semoga pada tantangan dan event-event mendatang, rasa haus juara seperti ini dapat terus kita pertahankan,” ujar guru olahraga tersebut.

POPDA menjadi salah satu bentuk kegiatan positif menelurkan bakat-bakat para generasi muda dibidang olahraga yang ditekuni. Berhulu dari daerah dan diharapkan mampu bermuara ditingkat nasional.

Smansade Hebat, Smansade Juara! (BA/Hum).

Sekolah Popda Prestasi
  1. TULISAN TERKAIT