; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Pelindo Mengajar! Ramaikan Sekolah dengan Banjir Ilmu dan Hadiah

Kamis, 23 Pebruari 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 543 Kali

Smansade Update- Banyak saluran untuk mendapatkan ilmu. Melalui literasi, penemuan mandiri, hingga sosialisasi. Pelindo Mengajar! Goes to Demak berikan pengalaman tersendiri bagi mereka yang langsung berpartisipasi.

Kamis (22/02/2023) pagi, cakrawala Demak berangin yang membawa hawa dingin dan diselimuti cuaca mendung. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat dan antusiasme 150 peserta didik yang akan mengikuti program sosialisasi Pelindo Mengajar!

Program Pelindo Mengajar! Goes to Demak Terasa lebih istimewa karena yang menjadi narasumbernya adalah alumni sendiri yang saat ini memegang posisi prestisius sebagai direktur keuangan dan manajemen resiko PT. Pelindo Multi Terminal. Yon Irawan, S.E., M.M Namanya. Lulus dari SMAN 1 Demak tahun 1992.

PT. Pelindo merupakan Badan Usaha Milik Negara dibawah kewenangan kementerian BUMN yang bergerak pengelolaan dan pengembangan sebanyak 94 pelabuhan di Indonesia. Akar historisnya dibentuk oleh pemerintah sejak tahun 1960. Saat ini, fokus layanan Pelindo terbagi menjadi empat, yaitu: layanan petikemas, non-petikemas, logistic-hinterland, dan marine-equipment. Singkatnya, Pelindo merupakan usaha dengan skala besar yang memiliki pengaruh fundamental terhadap berbagai barang yang keluar dan masuk ke Indonesia melalui akses kelautan.

Acara sosialisasi bertajuk talkshow. Pembawaan santai namun tetap berwibawa melekat pada narasumber. Topik yang diinformasikan berkutat pada efektivitas penggunaan sosial media, pengenalan BUMN, introduksi dunia maritim-logistik, perjalanan karir narasumber, dan edukasi leadership untuk kawula muda. Dialog dua arah berlangsung hangat, seru, dan banyak kejutan. Mini-games pun juga diselenggarakan agar suasana semakin meriah. Tak ketinggalan juga terdapat banjir hadiah voucher Rp.300.000 bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan aktif bertanya.

Tidak hanya memberikan edukasi, sharing pengalaman, dan berbagi hadiah. Pelindo Mengajar! juga memberikan reward bagi peserta didik dengan capaian prestasi baik secara akademik maupun non-akademik. Sebanyak Enam peserta didik membawa hadiah utama berbentuk alat komunikasi smartphone terbaru sedangkan lima peserta didik lainnya mendapatkan bantuan beasiswa masing-masing senilai Rp.1000.000.

 

Abadikan kisah alumni agar dapat memotivasi generasi milenial masa kini

 

Nasywa Alifia Putri, salah satu peserta talkshow mengungkapkan testimoninya selepas acara selesai.

“Kegiatan Pelindo Mengajar meningkatkan motivasi siswa-siswi SMAN 1 Demak untuk terus mengembangkan kemampuan belajarnya sesuai passion masing-masing agar dapat semakin dekat mencapai asa dan cita-cita di masa depan. Selain itu, kegiatan seperti ini diharapkan juga memupuk siswa-siswi dalam menuntut ilmu sehingga dapat memunculkan semakin banyak penerus peradaban yang berprestasi dan berdedikasi tinggi untuk negeri,” ungkap siswi kelas XII IPS 2 yang mendapatkan hadiah utama smartphone karena berprestasi mewakili Kabupaten pada gelaran Kompetisi Sains Nasional di tingkat provinsi tersebut.

Selain adakan talkshow di aula, tim Pelindo juga melakukan siaran podcast SMAN 1 Demak agar kisah Yon Setiawan sebagai alumni ’92 dapat terpatrikan pada kanal saluran digital sekolah sekaligus diharapkan semakin banyak menginspirasi generasi-generasi milenial Smansade.

Tularkan ilmu melalui sosialisasi dengan alumni kembali dibersamai reward-reward yang membanjiri membuat beragam pihak jadi happy. (BA/Hum).

Sekolah Prestasi Sosialisasi
  1. TULISAN TERKAIT