; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Atasi Potensi Ancaman Sampah, Sekolah Bentuk Program Ecodarling

Rabu, 18 Januari 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 973 Kali

Oleh: Dinda Cahya Maghfiroh (X-5, anggota ekstra jurnalistik SMAN 1 Demak)

Smansade Update- Lingkungan yang bersih dan sedap dipandang merupakan salah satu unsur estetika dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, dibalik potensi pesonanya, terselip ancaman nyata yang tak dapat dihiraukan. Sampah adalah masalahnya. Demi meminimalisir keberadaan sampah sekaligus menjaga keasrian lingkungan sekolah, dibentuklah rencana program Ecodarling (Ekosistem Sadar Lingkungan).

 Senin (16/01/23) pagi, tepatnya ketika waktu jam istirahat pertama, yaitu pukul 09.40 WIB, digelar rapat yang membahas upaya lebih lanjut tentang penanganan yang efektif untuk masalah sampah yang akhir-akhir ini mulai menginvasi lingkungan SMA Negeri 1 Demak. Rapat dihadiri dewan-dewan guru dari beragam latar belakang yang memiliki latar belakang dibidang biologi, kimia, prakarya-kewirausahaan, seni budaya, sejarah, dan guru-guru yang tergabung dalam kegiatan Guru Penggerak 2022. Selain itu, diundang pula perwakilan fungsionaris OSIS dan MPK.

 Setyo Nugroho, S.Pd., M.Pd yang bertindak sebagai koordinator pertemuan menuturkan pentingnya program pengelolaan sampah di lingkungan sekolah.

 “Sampah sekarang menjadi masalah laten yang menghinggapi sekolah. Oleh sebab itulah, mari kita bersinergi bersama dengan menelurkan ide-ide solutif bagaimana menangani sampah tetapi tetap kontinuitas dan memiliki beragam benefit baik untuk sekolah, dewan guru, maupun siswa-siswi” ujar guru pengampu mata pelajaran biologi tersebut.

 Terbentuknya tim Ecodarling bertujuan selain meringankan beban tenaga kebersihan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kesadaran civitas akademika Smansade.

 Rencananya nanti, selain OSIS dan MPK, kegiatan Ecodarling juga akan melibatkan ekstrakurikuler KIR (Karya Ilmiah Remaja), jurnalistik dan Pecinta Alam Swapala Kalijaga. Garis besar rencana Ecodarling dalam implementasinya seperti penyetoran sampah individu ke Bank Smapah sekolah, memanfaatan sampah-sampah organic menjadi kompos juga dapat dijadikan sebagai bagian dari variasi pembelajaran ilmu-ilmu alam semisal biologi dan kimia.

 Ecodarling, terobosan baru 2023 untuk sekolah dalam mengelola limbah sampah demi terciptanya lingkungan fisik pendidikan agar lebih indah. (DCM/BA/Hum).

Sekolah Kebersihan Rapat
  1. TULISAN TERKAIT