; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Demak gelar atraksi parade ekstra

Kamis, 15 Desember 2022 ~ Oleh Umi Tsaniyatul Latifah ~ Dilihat 624 Kali

SMAN 1 Demak Update- Sebagai salah satu “roh” penyangga eksistensi sekolah adalah keberadaan ekstrakurikuler tak bisa diabaikan. Masing-masing memiliki karakteristik yang unik dan nyata. Rabu (14/12/2022) karakteristik tersebut diwujudkan Pasca berakhirnya musim ujian semesteran.

Lapangan utama sekolah penuh dengan siswa-siswi yang tengah menyaksikan berbagai atraksi yang ditampilkan perwakilan ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Demak. Dalam rangka mengisi waktu setelah para siswa berpusing ria mengerjakan soal-soal Penilaian Akhir Semester, sebelum pembagian rapor semester gasal.

Sinar matahari tidak begitu menyengat pagi ini, seakan mendukung peserta parade ekstra dan para penonton di lapangan. Riuh tepuk tangan mengawali masuknya tim paskibra Barata SMAN 1 Demak. Tampak wajah-wajah penuh senyum takjub tatkala melihat penampilan pertama dari tim paskibra Barata yang menunjukkan kepiawaiannya dalam baris berbaris. Tidak hanya menampilkan atraksi baris-berbaris, paskibra Barata juga diiringi dengan tim tari yang piawai dan lemah gemulai menampilkan tarian (judul tari). Hal ini menunjukkan paskibra Barata memiliki komitmen tinggi dalam mewujudkan bentuk nyata rasa cinta tanah air pada bangsa dan negara, dibuktikan dengan langkah konkret menampilkan salah satu budaya daerah.

Dilanjutkan penampilan dari ekstrakurikuler yang memiliki spesialisasi dalam dunia tarik suara dan musik, seperti rohani kristen (Rohkris), ansambel musik, dan melodika masing-masing menunjukkan performa terbaiknya pagi itu. Sebagai penutup dengan kesan epik, tampil dengan penuh energi, giliran tim ekstrakurikuler dance L&B yang mempertontonkan gerakan mengikuti alunan musik, luwes tapi penuh semangat dan energi.

Bakat dan minat tersalurkan melalui parade aksi ekstra.

Kepala Sekolah melalui Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Winarno, S.Pd., M.Pd mengamini parade aksi ekstra ini, sebab kegiatan ini memiliki tujuan yang berbanding lurus dengan kepentingan peserta didik Sendiri.

“Parade aksi seperti ini menjadi hal positif untuk siswa-siswi SMAN 1 Demak. Mereka menjadi lebih tahu bahwa bakat dan minat bahkan kemampuan baru dapat didapatkan maupun ditingkatkan melalui esktrakurikuler. Ada yang spesialisasinya pada dunia musik, tarik suara, tari tradisional, dance, bahkan baris-berbaris. Apalagi waktu pelaksanaannya tepat, setelah ujian semester ganjil. Saatynya diisi untuk recovery dengan sesuatu yang positif bagi sekolah maupun siswa-siswi” ujar guru olahraga yang hobi berkebun tersebut.

Sementara dari sisi peserta parade, Thalita Intan Verina Dyanasa yang tampil dalam grup tari tradisional mengungkapkan rasa senangnya akan event parade aksi esktra.

“Rasa senang dan bangga yang saya rasakan tampil pada parade aksi. Sekaligus hal ini juga menjadi wadah yang positif untuk saya pribadi dapat meningkatkan bakat dan minat dalam bidang tari-tarian. Lebih dari itu juga menunjukkan jika satu ekstrakurikuler tidak hanya ahli dalam bidang tertentu, melainkan juga hal-hal lainnya," terang siswi yang juga menjadi bagian dari paskibra BARATA.

Kegiatan parade ekstra pagi ini semoga dapat menjadi penyemangat para siswa untuk tetap aktif mengikuti kegiatan pengembangan diri melalui berbagai ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Demak. (UTL/BA/CR/Hum).

Sekolah Kesiswaan Ekstrakurikuler
  1. TULISAN TERKAIT