; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Bupati Eisti'anah Jadi "Guru" di SMAN 1 Demak

Senin, 31 Oktober 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 664 Kali

SMAN 1 Demak Update- Guru mengajar, itu sudah menjadi hal yang lumrah. Akan tetapi jika yang memberikan edukasi secara langsung adalah figur nomor satu di Demak, itu menjadi momen langka. Bupati Mengajar menjadi program yang diselenggarakan sekolah.

Oktober 2022 hampir menutup tirai kalendernya. Hari terakhir pada bulan kesebelas tersebut sekolah kedatangan tamu istimewa. Senin (31/10/2022) pagi pukul 07.45 WIB, Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah, S.E hadir di lingkungan SMAN 1 Demak.

Sekolah melalui Perpustakaan Titian Widya Pustaka SMAN 1 Demak menyelenggarakan program Bupati Mengajar. Mengambil tema “Peran Generasi Milenial untuk Literasi Kekinian”, Bupati Demak mengajar dihadapan siswa-siswi SMAN 1 Demak yang terpilih untuk berpartisipasi langsung. Ruang perpustakaan yang luas ditata sedemikian rupa sehingga representatif menjadi kelas untuk melakukan kegiatan mengajar.

Kesempatan langsung berinteraksi dengan siswa-siswi Smansade yang notabene juga bagian dari masyarakat Kabupaten Demak dimanfaatkan seoptimal mungkin. Bupati menekankan sekaligus menegaskan peran penting pelajar milenial untuk rajin menggalakkan kegiatan literasi dan menorehkan prestasi.

“Pelajar milenial memang seharusnya memasukkan kegiatan literasi menjadi bagian dari hobi. Selain itu, menorehkan prestasi juga menjadi hal yang sangat penting. Ibu percaya, siswa-siswi disini sejatinya memiliki prestasi. Tidak harus dibidang akademik, melainkan non-akademik pun juga diperlukan seperti olahraga dan seni. Setiap siswa-siswi memiliki bakat dan potensinya masing-masing. Maka asahlah hal-hal positif tersebut sehingga dapat menjadi pelajar milenial yang representatif.”

Peserta Bupati Mengajar juga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Seperti yang diungkapkan salah satu peserta didik yang berpartisipasi, Egita Saharani.

“Momen luar biasa dapat langsung diajar oleh orang nomor satu di Demak. Ibu bupati memberi arahan kepada generasi pelajar untuk persiapan menghadapi tantangan pada masa sekarang dengan rajin-rajin melakukan kegiatan literasi. Kegiatan literasi sangat efektif untuk menangkal berkaitan dengan berita tidak benar atau hoax. Selain itu, para pelajar juga diberi bekal ilmu untuk menghadapi potensi resesi di tahun 2023,” terang siswi yang juga menjadi ketua Fadem (Forum Anak Demak) 2022 itu.

Pelajar milenial jawab tantangan di era digital

Selain Bupati Mengajar, pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada sekolah-sekolah pemenang Literasi Inovasi Award 2022 yang digiatkan oleh Perpustakaan Titian Widya Pustaka SMAN 1 Demak bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. Pemenang juara I diraih MTs Al Irsyad Gajah dan juara II direngkuh oleh SMP Negeri 2 Demak.

Pelajar milenial, harapan besar bagi kelangsungan peradaban dimasa depan untuk menjawab tantangan di era digital. (BA/Cr/Hum).

Sekolah Perpustakaan Literasi
  1. TULISAN TERKAIT