; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Demak Sosialisasi Sadar Pajak Di Sekolah

Rabu, 10 Agustus 2022 ~ Oleh Umi Tsaniyatul Latifah ~ Dilihat 513 Kali

SMANSADE Update-Salah satu pondasi agar negara tetap berdiri adalah pajak. Metode retribusi yang sudah menjadi kewajiban setiap warga negara sebagai simbol patuh dan cinta kepada negerinya. Pendidikan mengenai dunia perpajakan tidak perlu menunggu ketika seseorang menjadi bagian dari golongan dewasa. Melainkan sudah sewajarnya dikenalkan semenjak masa dibangku sekolah. 

35 siswa-siswi SMA Negeri 1 Demak tampak tertib memasuki aula dan satu persatu mengisi kursi yang disediakan oleh panitia. Selasa (09/08/22) sekitar pukul 08.00 WIB, mereka dijadwalkan untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Pajak Kabupaten Demak (KPP Pratama Demak). “Tax Goes To School” pun dimulai.

Kepala SMAN 1 Demak, Solikhin, S.Pd., M.Pd mengatakan, Pajak tidak hanya menjadi perhatian dan kewajiban bagi orang dewasa. Melainkan remaja-remaja sekolah pun harus tahu mengenai dunia perpajakan meski baru permukaan. Terlebih anda merupakan calon-calon generasi penopang bangsa ke depannya nanti. Pajak menjadi salah satu elemen pentingnya,” tutur kepala sekolah yang gemar bermusik tersebut.

"Perlu diketahui, saat ini sektor pajak adalah salah satu penopang pendapatan negara. jika warga taat pajak maka insyaallah pembangunan di indonesia juga akan berjalan baik," imbuhnya.

Generasi muda saat ini merupakan bagian dari Z generation. Calon-calon yang diharapkan mampu menjadi permata yang berpendar demi eksistensi negara dimasa yang akan datang. Mengajarkan generasi muda untuk mengintip sedikit tentang dunia perpajakan sudah menjadi keharusan.

Meski mereka belum dituntut untuk memberikan retribusinya secara langsung bagi negara. Hal konkrit yang dapat dilakukan saat ini bagi para pelajar adalah dengan belajar tekun, mencintai karya-produk yang dihasilkan negeri sendiri, memprioritaskan pembelian produk dalam negeri, menolak produk imitas, dan menghindari sikap-sikap negatif yang menjadi penyakit remaja (vandalisme, gemar menyebarkan informasi hoaks, dan terlibat kasus kriminal).

Kegiatan berlangsung sangat seru dan interaktif, peserta berebutan untuk aktif untuk menghidupkan suasana sosialisasi dengan menjawab pertanyaan dari pemateri. Tak lupa, sebagai bonus pada akhir sesi, pihak KPP Pratama Demak memberikan bingkisan kenang-kenangan untuk para peserta dan guru pendamping. 

Ajar dan kenalkan pajak sejak usia remaja

Fabian Andra Kawahyu menyampaikan, senang dengan adanya sosialisasi ini, kita bisa tahu betapa pentingnya pajak bagi negara dan nilai kemanfaatan bagi kemajuan bangsa,” terang siswa kelas X-4.

"Akan kami sosialisasikan kepada teman-teman tentang manfaat pajak bagi bangsa, mudah-mudahan kita semua dengan sadar mau bayar pajak," tambahnya

Warga negara yang baik hendaknya ikut berkontribusi dalam pembangunan negara, tidak hanya menjadi Free Rider yang hanya mau menikmati tanpa memiliki kontribusi. Berkontribusi dalam perpajakan merupakan salah satu wujud upaya bela negara, seperti yang tertuang dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 3. Kenal pajak dan taat pajak, mampu membantu agar negara menjadi semakin maju. (Um/Ba/Cr/Hum).

Sekolah Kesiswaan Pajak
  1. TULISAN TERKAIT