; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Polwan Demak sosialisasikan Cara Bermedia sosial dengan Cerdas dan Bijak

Selasa, 09 Agustus 2022 ~ Oleh Arnida Dewantari ~ Dilihat 817 Kali

SMANSADE Update-Media sosial bukanlah hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia, bukan hanya dari golongan remaja saja yang menggunakan media sosial namun juga sudah merambah ke usia anak-anak. Bagaimana manfaat media sosial tergantung dari bagaimana individu itu sendiri memanfaatkannya dalam kehidupan mereka. Tentu hal ini menuntut kebijaksanaan masing-masing individu dalam menggunakan media sosial.

Berangkat dari fakta inilah polwan dari Polres Demak menginisiasi acara “Polwan Goes To School 2022” yang menyasar siswa-siswi SMAN 1 Demak. Acara sosialisasi yang berlangsung pada Senin kemarin (08/09/2022) diikuti oleh 72 siswa. Bertempat di aula SMAN 1 Demak, acara dalam rangka Hari Jadi Polisi Wanita Republik Indonesia ke-74 ini mengangkat tema “Edukasi tentang cerdas dan aman dalam bermedsos”.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga selesai ini menjelaskan juga mengenai kejahatan pedofil, cyber bullying dan tips aman transaksi online. Dengan narasumber Bripka Sri Krisnawari, Amd., siswa-siswi SMAN 1 Demak diberikan pandangan sikap yang seharusnya dilakukan agar media sosial ini dapat termanfaatkan secara maksimal.

“Bagaimana kaum muda harus bersikap? Diantaranya kita harus bijak dalam memanfaatkan teknologi dan media sosial pada era transparansi global. Pahami manfaat dan kerugian dari penggunaan media sosial yang tidak bertanggung jawab,” Jelasnya.

Lebih lanjut, Sri Krisnawari mewanti-wanti bahwa perkembangan teknologi yang begitu cepat dan pemanfaatan media sosial cenderung akan mengurangi interaksi sosial secara nyata. Sehingga dibutuhkan kecerdasan tersendiri dalam bermedia sosial. 

”Perlu disadari bahwa menjamurnya platform transaksi online akan meningkatkan sikap konsumerisme, untuk itu utamakan kebutuhan daripada keinginan,” Imbuhnya.

Polwan ini juga berpesan bahwa kaum muda adalah harapan bangsa. Sehingga Berjuanglah terus untuk meraih cita-cita, karena keberhasilan dan kesuksesan tidak bisa diraih secara instan,”Pungkasnya.

Senada, Briptu Sendry Riviyanti, S.H menyampaikan, Siswa dapat mengikuti sosialisasi dengan lancar selama giat berlangsung. Siswa juga aktif saat diberikan sesi tanya jawab waktu sosialisasi kemarin. Dengan adanya sosialisasi kemarin dapat memberikan pandangan terkait pentingnya penggunaan sosmed dengan benar sesuai dengan usia siswa,” Terangnya.

Gastiadirrijal Rafi Maulana dari kelas XI IPS 3 mengatakan, dalam sosialisasi tentang bersosmed ini sangat bagus dan banyak sekali manfaatnya.  akan lebih bijak dan hati-hati dalam penggunaan media sosial.

”Sosialisasi ini menjelaskan dampak buruk dan baik dalam bersosmed. Serta menjelaskan dampak bullying di usia remaja dan mental yang dibully,” Ujar siswa yang hobi main olahraga. 

  1. TULISAN TERKAIT