; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

SISWA SMA NEGERI 1 DEMAK MEWAKILI KABUPATEN IKUTI SELEKSI PASKIBRAKA TINGKAT PROVINSI

Rabu, 07 April 2021 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 1369 Kali

SMANSADE-Beri aku seribu orang tua, maka akan aku cabut Semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh pemuda, niscaya kuguncangkan dunia!” Petikan kalimat yang terucap dari Bung Karno semasa hidup tersebut masih menggema hingga lintas zaman. Suatu optimisme yang progresif terkait masa depan bangsa. Dalam hal ini, para pemuda berkualifikasi yang sesuai dengan harapan negara.

Seperti lazimnya perayaan hari kemerdekaan yang diadakan setiap tahun, diadakan seleksi pasukan pengibar bendera (PASKIBRA) dari berbagai tahapan. Mulai dari level internal instansi, kemudian kabupaten, dilanjutkan pada tingkat provinsi, dan puncaknya ada pada level nasional. Para pemuda terbaik dan terpilih dari masing-masing tahapan akan melaju ke langkah selanjutnya. Seperti yang terjadi di Kabupaten Demak secara umum, dan lingkungan Smansade pada khususnya.

Adalah Muhammad Abdul Hanif, siswa SMA Negeri 1 Demak yang berhasil menjadi representasi Kota Wali maju di tingkat Provinsi untuk berkompetisi pada seleksi Pasukan Pengibar Bendera. “Berdasar surat keputusan dari DINPORA Kabupaten Demak nomor 248, diketahui bahwa tahun ini, formasi putra terpilih dari delegasi SMA Negeri 1 Demak atas nama Muhammad Abdul Hanif. Sementara untuk formasi putri, dari SMA Negeri 3 Demak atas nama Putri Andini Hanifah yang menjadi perwakilannya. Harapannya tentu saja bisa mengharumkan nama Kabupaten Demak di tingkat yang lebih tinggi” Ungkap Winarno, S.Pd., M.Pd selaku wakil kepala bidang kesiswaan.

Usaha memang tidak akan mengkhianati hasil. Terpilihnya Muhammad Abdul Hanif sebagai wakil dari Kabupaten Demak salah satunya merupakan hasil penempaan latihan fisik-mental dan kemampuan akademik yang intens selama ini. Siswa tersebut memang aktif di lingkungan sekolah dengan mengikuti organisasi Paskibra BARATA, salah satu organisasi siswa yang telah berusia 24 tahun di SMA Negeri 1 Demak. Organisasi tersebut menjadi wadah yang memfokuskan pelatihan fisik, mental, leadership, dan semangat kekeluargaan.

Selanjutnya, perwakilan Kabupaten Demak akan bertemu dengan peserta terpilih dari 28 kabupaten dan 6 kota lainnya di Jawa Tengah. Berdasarkan surat dari DINPORA Demak, seluruh peserta rencananya akan dikumpulkan di Hotel Puri Garden Semarang. Disana, panitia seleksi provinsi akan melakukan tugasnya selama dua hari, yakni Rabu, 07 April dan kamis, 08 April 2021 untuk memilih terbaik dari yang terbaik dari 70 peserta seleksi guna mengisi slot 35 personil pasukan pengibar bendera tingkat provinsi Jawa Tengah tahun 2021. Bahkan yang terbaik (satu putra dan satu putri) dari 35 peserta terpilih akan dikirimkan ke jenjang seleksi nasional.

Drs. Agus Budi Purwaka, M.Pd selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Demak memberikan wejangan sebelum merestui dan melepas peserta didik Smansade yang akan mengikuti seleksi paskibra tingkat Provinsi. “untuk mas Abdul, kamu tidak hanya membawa nama baik sekolah kita, tetapi juga menjaga nama dari Kabupaten Demak. Jadi, dijaga profesionalitasnya, attitude-nya, dan keluarkan semua totalitas dan kemampuanmu. Disana nanti kamu akan belajar banyak hal. Misalkan tentang kedisiplinan dan manajemen diri yang baik. Kamu juga akan bertemu putra-putri terbaik dari wilayah Jawa Tengah yang lain. Bangun relasi dan komunikasi yang baik. Dan yang tak kalah dan paling penting, selalu sertai setiap kegiatan disana dengan keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga hasilnya baik untuk wakil Kabupaten Demak. Selamat berjuang”. Tutupnya (BA/Cr/Hum).

Humas Sekolah Kesiswaan Paskibra
  1. TULISAN TERKAIT