; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Pesantren Ramadhan; Momentum Tingkatkan Iman dan Taqwa

Kamis, 28 April 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 618 Kali

SMANSADEUpdate-Edukasi tidak hanya terbatas pada ilmu duniawi. Pendidikan karakter peserta didik juga difokuskan untuk aspek religi. Kegiatan bernuansa islami dihelat. Mengisi relung jiwa pada hari-hari menjelang berakhirnya bulan suci.

 

Kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah pada sesi Ramadhan hampir mendekati titik kulminasi. Memanfaatkan sisa waktu, kegiatan diisi dengan Pesantren Ramadhan. Suatu wadah yang menghubungkan kelas X dan XI secara bersama-sama untuk larut dalam suasana rohani. Tentunya juga tetap mengedapankan prokes selama kegiatan berlangsung.

 

Organisasi Rohis (Rohani Islam) SMAN 1 Demak menjadi penyelenggara jalannya Pesantren Ramadhan. Selama dua hari berturut-turut dilingkungan sekolah dengan dihiasi peserta didik yang berpakaian busana muslim dengan nuansa cerah.

 

Rundown kegiatan dikemas dan diatur dengan menarik. Pada hari pertama, Selasa (26/04/2022) dimulai pukul 07.30 WIB dengan pembacaan Asmaul Husna menjadi pembukanya. Acara dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah yang kemudian disambung mengaji kitab Safinatun Najah. Diselingi pula dengan irama lagu-lagu pop bernuansa islami yang disesuaikan dengan preferensi pelajar generasi milenial.

Hadir dalam kegiatan tersebut pembicaranya yaitu Ustaz Sasmito dari Desa Cabean yang memberikan ceramah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan keistimewaan berpuasa, tips-tips untuk memaksimalkan panen pahala di bulan Ramadhan sekaligus faktor-faktor penyebab pahala puasa berkurang bahkan batal.

Bertanya kepada ustaz sebagai bentuk partisipasi aktif

Peserta Pesantren Ramadhan antusias dengan sesi dialog interaktif dari para peserta didik, pertanyaan-pertanyaan yang masuk kemudian Narasumber pun memberikan jawaban yang selaras dengan ajuan pertanyaan peserta. Acara hari pertama diakhiri pukul 10.35 WIB.

Di hari kedua, Rabu (27/04/2022). Asmaul Husna kembali bergema sebagai tanda dibukanya acara. Dilanjutkan dengan tadarus Al-Qur’an yang disambung melantunkan shalawat bersama. Usai bershalawat, peserta mendapatkan hiburan dengan penampilan rebana Al-Anjam SMAN 1 Demak. Gema, nada, dan tabuhan yang disajikan beresonansi dengan udara yang memenuhi lapangan utama SMAN 1 Demak sebagai tempat diadakannya Pesantren Ramadhan.

Ustaz Sya'roni mengisi mau’idhoh hasanahnya. Pemuka agama dari Guntur tersebut memberikan tuturan tentang pendalaman amalan puasa.

Antusias melakukan Tadarus Al-Qur'an 

Kuis interaktif diberikan sebagai bentuk interaksi antara pihak Rohis dengan peserta. Mereka yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan menadapatkan hadiah sebagai bentuk reward partisipasi aktif. Kegiatan dua hari diakhiri doa bersama sekaligus ditutup oleh kepala sekolah pukul 10.50 WIB.

Dihubungi usai acara, pembina Rohis SMAN 1 Demak, Choerul Rozak, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan pesantren Ramadlan adalah salah satu kegiatan yang menitikberatkan pada dimensi keagamaan, dimana kita  ketahui pada bulan ramadlan ladang amal kita dilipatgandakan, dan kita sekolah mengajak para siswa untuk bisa memanfaatkan adanya bulan ramadlan kali ini. 

Langit siang mulai beranjak di atas cakrawala. Acara dua hari telah rampung ditunaikan. Peserta berangsur-angsur kembali pulang menuju kediaman. Pesantren Ramadhan, kegiatan pembasuh jiwa dengan sentuhan keagamaan menunggu untuk kembali dikembangkan pada edisi mendatang. (Ba/Cr/Hum).

Sekolah Rohis Ramadhan
  1. TULISAN TERKAIT