; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Kuatkan Semangat Kekeluargaan, Paskibra BARATA Gelar Buka Bersama

Selasa, 26 April 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 928 Kali

SMANSADEUpdate-Sejenak rehat dari aktifitas penempaan fisik dan mental, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) BARATA SMAN 1 Demak menyesuaikan dengan hadirnya Bulan Ramadhan. Aspek lain dalam penumbuhan pendidikan karakter diaplikasikan. Berpadu dengan nuansa keagamaan melalui buka bersama.

Sore cerah kembali hadir pada Hari Minggu (24/04/2022). Mulai pukul 16.00 WIB, nuansa berbeda terasa di lingkungan SMAN 1 Demak. Anak-anak yang tergabung dalam Paskibra BARATA sibuk menyiapkan acara yang akan berlangsung hingga malam nanti. Demi merekatkan rasa kekeluargaan dan menggenapi unsur manusia sebagai makhluk sosial.

Berbuka bersama memang menjadi agenda tahunan pada Bulan Ramadhan bagi BARATA. Tahun ini, lingkungan sekolah dengan fokus ruang seni tari menjadi titik rendezvous diadakannya kegiatan tersebut. Izin dari orang tua telah dikantongi para peserta yang akan ikut berpartisipasi.

Buka bersama dihadiri oleh kepala sekolah, pembina, pelatih, A26 (kelas XI), A27 (kelas X), dan sebagian perwakilan alumni BARATA. Anggota kelas X berpakaian busana muslim putih sedangkan untuk kelas XI memakai outfit gelap.

Pembuka acara, diawali dengan melantunkan Asmaul Husna. Mengingatkan kembali kepada Maha Besar dan keagungan nama-nama dari Sang Pencipta.

Selesai membacakan Asmaul Husna, selanjutnya adalah sambutan kepala SMAN 1 Demak, Solikhin, S.Pd., M.Pd menekankan pentingnya kegiatan yang melibatkan unsur kebersamaan,kekompakan dan kehangatan berkeluarga semacam ini.

Alhamdulilah, ekstra Paskibraka SMAN 1 Demak menggelar berbuka puasa bersama. Tidak hanya berkutat pada bidang baris-berbaris saja dan penempaan fisik. Tetapi juga merekatkan kebersamaan dengan nuansa kekeluargaan seperti ini. Kultur yang positif harus dapat kita lestarikan bersama”. Ujarnya.

Tidak hanya sambutan, kepala sekolah juga sekaligus sebagai mau’idhoh hasanah. Beliau menuturkan agar para remaja, khususnya pelajar SMAN 1 Demak untuk mengisi masa muda dengan berbagai kegiatan positif sesuai dengan tuntutan agama dan sunnah rasul. Mantan Kepala Sekolah SMAN 2 Mranggen itu menekankan agar meminimalisir aktifitas yang akan sia-sia bahkan dapat berpotensi mendatangkan dosa.

Sembari menunggu waktu iftar, tedapat segmen berpuisi. Dibacakan dengan penuh penghayatan oleh siswa-siswa yang diberi amanah untuk melakukannya. Bahkan kepala sekolah juga berpuisi dengan karyanya. Tepuk tangan meriah mengisi relung-relung udara di ruang seni tari.

Rekatkan kebersamaan dengan iftar bersama.

Ketika gema adzan maghrib berkumandang, kegiatan berbuka takjil bersama dilakukan. Setelah itu didirikan salat maghrib berjamaah. Selepasnya sembari menunggu waktu isya, para peserta yang hadir menyantap sajian utama. Acara terakhir yakni jemaah isya sekaligus tarawih. Rangkaian kegiatan berjalan lancar dan diakhiri pukul 20.00 WIB.

Rasa kekeluargaan penting diciptakan agar individu-individu merasa dimanusiakan dengan keramahtamahan. Seperti yang dilakukan oleh Paskibra BARATA SMAN 1 Demak. Mengisi waktu Ramadhan dengan ciptakan kenangan kebersamaan menuju kemenangan. (Ba/Cr/Hum).

Sekolah Paskibra Ramadhan
  1. TULISAN TERKAIT