; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Sekolah Selenggarakan Pemilihan Duta Pustaka 2022

Kamis, 10 Maret 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 2011 Kali

SMANSADENews-Pekan Tengah Semester (PTS) genap 2021/2022 telah usai. Waktu-waktu kosong diisi dengan kegiatan yang positif. Salah satunya dengan menyelenggarakan kompetisi Duta Pustaka 2022. Sebuah gelaran untuk menemukan representasi peserta didik yang memiliki kompetensi kualifikasi bidang literasi.

OSIS SMAN 1 Demak beragam program kerja yang menarik agar peserta didik di lingkungan Sekolah selalu produktif dan aktif dengan memanfaatkan jeda recovery day yang diberikan. Program dibingkai dengan nama GAUL-KATABA 2022 yang merupakan akronim Gelar Aksi Untuk Literasi dan Karya Tulis Anak Bangsa.

Kamis (10/03), diadakan kompetisi Duta Pustaka SMAN 1 Demak 2022. Kegiatan tersebut merupakan salah satu cabang lomba dari kegiatan GAUL-KATABA 2022. Terdapat lima finalis yang berhak melaju ke putaran final. Mereka adalah Akhilla Catien Agista (X-A2), Sulthonil Abbas (X-A7), Muthia Apriatna Fadhillah (XI-A4), Fajar Ilham Maulana (XI-A5), dan Nasywa Alifia Puti (XI-IPS 1).

Penyaringan kelima finalis tersebut, mereka harus melalui tahap membuat karya ilmiah terlebih dahulu sebagai langkah pertama. Pembuatan karya ilmiah diikuti oleh 24 peserta yang menjadi delegasi kelasnya masing-masing (kelas X dan XI). Setelah itu dinilai oleh juri, adapun dewan zuri diambil dari perwakilan Bapak/Ibu guru yang concern dalam bidang literasi dan guru berprestasi . Baru kemudian didapatkanlah kelima finalis tersebut.

Kegiatan pencarian Duta Pustaka SMAN 1 Demak 2022 menjadi langkah yang baik untuk menguatkan kembali budaya literasi di lingkungan sekolah. Hal ini diamini oleh Setyo Nugroho, S.Pd., M.Pd yang juga sebagai kepala perpustakaan Titian Widya Pustaka SMAN 1 Demak .

“Saya sangat senang dengan adanya program audisi Duta Pustaka di SMAN 1 Demak. Sudah seharusnya sekolah kita menjadi mercusuar dibidang literasi bagi sekolah-sekolah lain dilingkungan Kabupaten Demak. Nantinya salah satu dari anda disini yang akan terpilih sebagai duta, diharapakan dapat menggaungkan kembali budaya literasi yang dipadukan dengan digitalisasi. Mampu mengajak rekan sejawat untuk menjadikan literasi sebagai kebutuhan sekaligus menangkal informasi-informasi yang tidak benar.” Ungkap guru biologi.

Acara sendiri dimulai pukul 09.00 WIB. Panitia melontarkan beragam pertanyaan seputar dunia literasi dan harus dijawab oleh para finalis dengan durasi waktu yang telah ditentukan. Dewan juri juga berpartisipasi aktif dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang tajam, mendalam, dan analitis untuk mengetahui sejauh mana kualifikasi para finalis. Aspek yang dinilai yakni kemampuan penguasaan materi, penggunaan bahasa, argumentasi, dan daya kritis.

Pukul 10.30 WIB penjurian babak pertama selesai. Dari lima peserta kemudian menyisakan dua yang berhak masuk babak grand final. Pada babak tersebut konsep penilaian yaitu dengan diberikan isu tentang keterkaitan minat literasi dengan akan diberlakukannya Kurikulum Merdeka di sekolah. Dua finalis kemudian menjawab tantangan tersebut dengan sistem pihak pro dan kontra.

Acara selesai pukul 11.30 WIB. Ajang Duta Pustaka SMAN 1 Demak 2022 melahirkan pemenang, yaitu Fajar Ilham Maulana dari kelas XI-MIPA 5.

Fajar menyampaikan “Alhamdulilah, saya diberi amanah untuk menjadi Duta Pustaka SMAN 1 Demak 2022. Sebuah pencapaian yang secara pribadi tidak menyangka tapi juga bangga. Semoga kedepannya dapat mengharumkan nama sekolah dalam kompetisi yang berhubungan dengan dunia literasi. Semoga budaya literasi di sekolah dapat menguat lagi. Sejatinya peradaban hebat lahir dari budaya literasi yang kuat.” Ucapnya dengan penuh semangat.

Duta Pustaka tidak hanya untuk mencari mereka yang berafiliasi dengan dunia membaca. Lebih dari itu,juga menjadi agen perubahan yang dapat memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar. (Ba/Cr/Hum).

Sekolah Literasi Dutapustaka
  1. TULISAN TERKAIT