; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Penyandang Disabiltas: Kami butuh kesetaraan

Kamis, 09 Desember 2021 ~ Oleh Choerul Rozak ~ Dilihat 827 Kali

SMANSADENews-Setiap tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Dunia (HDI). Tahun ini HDI mengusung tema “ Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas menuju tatanan dunia yang Inklusi, aksesibel, dan berkelanjutan pasca Covid 19. 

Dibalik tema tersebut, terdapat cita-cita dunia untuk menghasilkan respon dan pelayanan pemulihan covid 19 secara baik bagi semua orang tak terkecuali bagi para penyandang disabilitas.

Bagi penyandang disabilitas sering kali mengalami perlakuan yang tidak berpihak kepada mereka mulai dari akses Pendidikan, Kesehatan, pekerjaan, sosial, bahkan sampai ada partisipasi masyarakat.

“Kami  khususnya para penyandang disabilitas belum sepenuhnya mendapat perhatian dari Pemerintah, contoh kecil saja ketidakperpihakan adalah ada bangunan pemerintah yang tidak ramah terhadap penyandang disabilitas” Ungkap Sholikin Cbn saat Podcast di SMAN 1 Demak beberapa hari yang lalu.

Ia menambahkan khususnya Dikabupaten Demak penyandang disabilitas sangat banyak sekali, dengan berbagai kekuarangan yang dimiliki. Tapi para penyandang disabilitas di Demak sendiri banyak yang belum tersentuh baik dari pendataan maupun dalam akses bantuan sosial, maka dalam HDI tahun ini saya berharap pemerintah bisa “lebih” peduli lagi, imbuh Sholikin Cbn penyandang disabilitas.

Menurut Sekretaris Dinas Sosial Arif Sudaryanto, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa pemerintah Daerah Demak melalui Dinas Sosial sudah melakukan pendataan disabilitas ditahun 2020. Dari hasil pendataan tersebuat ada 9.567 penyandang disabilitas Se kab Demak.

“kami terus berupaya bisa hadir ditengah-tengah para penyandang disabilitas mulai dari pemberitan bantuan, bahkan sampai pada memberikan pelatihan bagi penyandang disabilitas. dalam pelatihan harapan kami depan bisa mandiri.  Sebab pemerintah juga punya keterbatasan anggaran dalam memberikan bantuan. Kedepan mudah-mudahan semua penyandang disabilitas bisa tercaver semua.” Ungkap Arif. (Cr/Hum)         

  1. TULISAN TERKAIT