; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

114 Siswi Ikuti Seminar Deteksi Kesehatan Usia Remaja dan Sekolah

Rabu, 24 November 2021 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 846 Kali

SMANSADENews-Kesehatan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam kehidupan. Melalui jiwa dan raga yang sehat, aktifitas pun nyaman ketika dikerjakan. Berbagai sosialisasi tentang pentingnya kesehatan selalu digencar. Salah satu salurannya yaitu seminar. Melalui seminar kesehatan yang digelar, siswi-siswi SMAN 1 Demak menjadi salah satu audien utamanya.

Aula SMAN 1 Demak kembali menjadi panggung kegiatan. Pagi ini, pukul 07.00 WIB, Rabu (24/11) sebanyak 114 siswi dari lima kelas terpilih diberi amanah oleh sekolah untuk mengikuti seminar ‘Deteksi Kesehatan Usia Remaja dan Sekolah’ yang menjadi salah satu program Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Perpanjangan tangan agar kegiatan berjalan lancar, hadir juga perwakilan pihak Balkesmas (Balai Kesehatan Masyarakat) Kabupaten Pati dan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak. Terlihat pula beberapa utusan dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan II (KCD Wilayah II) yang datang untuk memantau jalannya kegiatan.

Selain diadakan secara langsung, tautan platform Zoom juga ditampilkan untuk memfasilitasi para narasumber yang akan mengisi dari jarak jauh. Narasumber diambil dari perwakilan komisi A DPRD Jawa Tengah, H. Tri Mulyantoro, S.H dan Purwati S.Kep.Ns selaku kasie pelayanan dari Balkesmas Kabupaten Pati. Keduanya menekankan urgensi mengenal lebih dini tentang anemia, dampaknya, dan langkah preventif untuk menangkalnya. Oleh sebab itulah sasaran sosialisasi tersebut diambil dari peserta didik perempuan karena ini berkaitan dengan peran mereka nantinya dimasa depan ketika sudah berkeluarga.

Acara diakhiri sekitar pukul 09.00 WIB. Para peserta keluar dengan tertib, rapi, dan sesuai protokol kesehatan. Dihubungi setelah kegiatan selesai, salah satu peserta seminar, Felariska Andrawina merasa sosialisasi yang didapat cukup informatif dan memang harus diaplikasikan sejak awal.

“ Seminar yang berlangsung tadi cukup edukatif. Informasi-informasinya penting.  Sebagai siswi, kita memang harus aware dengan pentingnya deteksi kesehatan diusia remaja. Anemia memang menjadi problem dan harus dapat dicegah seefektif mungkin. Mungkin kedepannya kegiatan seperti ini baiknya dilakukan secara kontinyu agar semakin banyak yang paham.” Terang siswi yang duduk dibangku kelas XI-MIPA 3 tersebut.  (Ba/cr/Hum).

Sekolah Kesiswaan Kesehatan
  1. TULISAN TERKAIT