; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Penanaman Pendidikan Karakter Nasioanalis Melalui Pengibaran Bendera Secara Rutin

Kamis, 14 Oktober 2021 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 889 Kali

SMANSADENews- Generasi muda adalah bibit masa depan yang menentukan peradaban suatu bangsa. Oleh sebab itu, berbagai negara memiliki bermacam program untuk menumbuhkan rasa dan bangga terhadap tanah airnya. Termasuk Indonesia, dimana golongan kawula mudanya termasuk tinggi. Potensi besar ini harus dapat digiring pada arah yang tepat. Salah satunya melalui dunia pendidikan dengan membiasakan laku baru yang bermuatan nilai-nilai historis. Yakni pengibaran dan penurunan bendera.

Matahari belum menampakkan keberadaannya secara utuh. Udara segar masih baik untuk dihirup dan kembali dihembuskan. Deru kendaraan lalu-lalang dijalanan depan sekolah mulai terdengar riuh. Sementara barisan siswa yang bertugas hari ini sudah menyiapkan diri di lapangan tengah. Waktu menunjukkan pukul 06.20 WIB. Merah-Putih bersiap untuk dikabarkan.

Pengibaran rutin bendera di lingkungan sekolah pada pagi hari menjadi kebiasaan positif yang digaungkan demi mendorong stimulus jiwa cinta tanah air dikalangan pelajar SMAN 1 Demak. Kepala Sekolah melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Winarno,S.Pd., M.Pd menuturkan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari character building siswa.

”Pengibaran ketika pagi dan penurunan yang dilaksanakan sore hari tentunya menjadi kebiasaan yang baik. Adanya pembiasaan baik tersebut membuat civitas sekolah semakin tergugah rasa nasionalismenya.”ungkapnya.

Petugas pengibaran dan penurunan diamanahkan kepada anggota ekstra Paskibra BARATA dengan sistem shifting. Ketika terdengar suara yang menyatakan ‘bendera..siap’ maka setiap individu yang ada di halaman depan sekolah wajib menghentikan aktifitasnya dan sejenak melakukan sikap hormat menghadap bendera.

Peradaban suatu negara dapat bertahan dan berkembang lebih baik apabila generasi mudanya sangat menghargai nilai-nilai historis sehingga memunculkan jiwa-jiwa nasionalisme yang tumbuh kuat. (Ba/Cr/Hum).

Sekolah Kesiswaan Paskibra
  1. TULISAN TERKAIT