; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Kepala Sekolah Drs Agus Budi Purwaka, M.Pd memberikan santunan kepada para yatim piatu di lingkungan sekolah/ Foto: Ba

SMAN 1 Demak Berbagi Dengan Para Siswa-Siswi Yatim Piatu Terdampak Covid-19

Kamis, 26 Agustus 2021 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 687 Kali

SMANSADENews-Sila kedua Pancasila menekankan pentingnya aspek kemanusiaan yang harus dimiliki oleh setiap rakyat Indonesia. Banyak cara mengaplikasikan makna simbol rantai pada dasar negara tersebut dalam kehidupan nyata. Salah satunya melalui kegiatan Berbagi kepada yang membutuhkan.

Agustus dipenuhi dengan suka cita dan rasa syukur akan kemerdekaan negara yang ke-76. Tak lupa juga pada bulan kedelapan dikalender Masehi ini bertepatan dengan tahun baru Islam 1443 Hijriah. Nasionalisme yang dipadukan dengan aspek spiritual menjadi momen tepat bagi SMA Negeri 1 Demak untuk memperkuat rasa kemanusiaan dengan menggelar acara santunan kepada peserta didik yang membutuhkan. Dalam hal ini, mereka (peserta didik) adalah yang sudah berstatus yatim, piatu, maupun yatim-piatu lebih lebih karena ada juga yang tidak karena orang tua terpapar Covid-19.

Rabu (25/08) siang, ketika terik matahari berada di atas khatulistiwa, sebanyak 50 siswa-siswi mendapatkan santunan dalam bentuk materi yang bertempat dihalaman depan sekolah. Aturan protokol kesehatan secara ketat diterapkan agar kegiatan berjalan baik dan sesuai prosedur. Drs. Agus Budi Purwaka, M.Pd dalam sambutan acara menekankan pentingnya kemanusiaan dan saling berbagi dengan sesama.

“Melalui program Smansade Berbagi ini, kita tekankan kembali bahwa tolong-menolong, berbagi kebahagiaan dan memperkuat ikatan persaudaraan itu sangat penting. Semoga bantuan yang tidak seberapa ini dapat membantu memenuhi kebutuhan sekolah kalian. Tetap semangat dan amanah dalam mencari ilmu di sekolah ini.” Terang kepala SMA Negeri 1 Demak tersebut.

Acara pembagian santunan berlangsung sampai jam setengah dua siang. Smansade Berbagi dilanjutkan pada shift kedua mulai pukul 14.30-15.30 WIB diruang kesiswaan. Pada termin kedua, sebanyak 40 siswa-siswi berstatus yatim, piatu, maupun yatim-piatu juga mendapatkan santunan yang sama sehingga total penerima bantuan materi dari sekolah tersebut sebanyak 90 peserta didik.

Secara terpisah, ditemui setelah kegiatan selesai, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Winarno,S.Pd., M.Pd mengungkapkan rasa syukurnya terkait lancarnya kegiatan tersebut.

Alhamdulillah program yang bernuansa humanis tersebut dapat berjalan dengan lancar hingga selesai. Sikap bersimpati, berempati, serta berbagi kepada sesama yang membutuhkan selalu menjadi yang utama. Hal tersebut menunjukkan bahwa kita ini manusia yang beradab.” Tutupnya. (Ba/Cr/Hum).

Sekolah Kesiswaan Kemanusiaan
  1. TULISAN TERKAIT