; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Hari ke 4 Peserta Daftar Ulang Calon Peserta Didik di SMAN 1 Demak Sudah 415

Kamis, 01 Juli 2021 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 516 Kali

SMANSADENews-Salah satu rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Tengah 2021, yaitu daftar ulang sesuai jadwal telah mendekati babak akhir.

Berdasarkan pantauan Tim Media Smansade, terhitung selama empat hari, mulai 28 Juni hingga 01 Juli 2021 Panitia PPDB SMAN 1 Demak 2021 disibukkan dengan kegiatan daftar ulang bagi Calon Peserta Didik. Pendaftaran ulang atau lebih familiar disebut pemberkasan merupakan salah satu titik krusial yang menentukan diterima atau tidaknya CPD sebagai bagian dari civitas Smansade mulai tahun pelajaran 2021/2022 mendatang.

Agar lebih memudahkan dalam koordinasi, penataan, dan ketertiban, maka dibagi pengelompokan untuk para CPD yang akan melakukan giat daftar ulang. Hal tersebut senada dengan pernyataan sekretaris PPDB SMAN 1 Demak, Siti Makhmudah, S.Pd.

“Benar untuk memudahkan penataan administrasi pada kegiatan daftar ulang, kita (panitia daftar ulang, -red) membagi beberapa ruangan. Bagi CPD yang jalur zonasi ketentuannya semua berkas yang disyaratkan dimasukkan dalam stofmap berwarna merah. Sementara jalur afirmasi menggunakan warna hijau, jalur perpindahan orang tua warnanya biru dan yang terakhir yakni jalur prestasi wajib berwarna kuning.” Ungkapnya.

Lebih jauh lagi, beradaptasi dengan keadaan yang serba terbatas dan penuh keprihatinan agar tidak terjadi “ledakan” CPD dan walinya datang secara bersamaan dilingkungan sekolah pada waktu yang sama, maka dibuatlah jadwal dan shift. Tersedia lima loket yang memanfaatkan letter L ruang kelas XII dalam melayani CPD. Loket I hingga loket III bagi yang stofmap merah. Loket IV sebagian kecil stofmap warna merah, dan keseluruhan yang memegang stofmap hijau dan biru. Sedangkan loket V khusus bagi yang memilih jalur prestasi (stofmap warna kuning).

Masing-masing loket, per hari menerima minimal 20 berkas dan maksimal 24 berkas. Adanya klasifikasi dan penjadwalan waktu daftar ulang tersebut membawa dampak yang baik. Selama emopat hari tidak terjadi penumpukan CPD. Pertemuan pun tentu dengan menggunakan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Data yang masuk hingga saat ini (01/07) terkait daftar ulang diketahui sebanyak 415 CPD telah rampung menyelesaikan pemberkasannya. Adapun sisanya bagi yang belum melengkapi berkas-berkas daftar ulang masih ditunggu hingga hari Jumat (02/07) seperti keterangan yang diucapkan Winarno, S.Pd., M.Pd selaku ketua pelaksana PPDB SMAN 1 Demak 2021 ketika dihubungi tim media publikasi Smansade via sambungan telepon.

“Alhamdulilah selama empat hari ini daftar ulang berjalan lancar, terstruktur dan tertib. Kegiatan daftar ulang masih dilayani hingga besok (02/07) bagi para CPD yang masih belum melengkapi syarat-syaratnya. Harapannya tentu saja semua clear sesuai dengan yang dijadwalkan.” Pungkasnya (BA/Cr/Hum)

Sekolah Humas Ppdb
  1. TULISAN TERKAIT