; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Ekstra Barata SMAN 1 Demak ikuti Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Tahun 2021

Jum'at, 25 Juni 2021 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 1060 Kali

SMANSADENews-Lapangan sekolah pagi itu, Jumat 24 Juni 2021 terasa berbeda dari biasanya. Terlihat beberapa formasi baris-berbaris diiringi instruksi suara yang menggema dari seorang prajurit Angkatan Darat Tentara Republik Indonesia (TNI AD) yang menjadi komandan lapangannya. Arena dan area sekitar dalam sekolah telah menjadi tempat berlangsungnya seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera (CAPASKIBRA) Kabupaten Demak 2021 untuk region tingkat kecamatan Demak Kota.

Seleksi CAPASKIBRA untuk Kabupaten Demak dihelat dan disponsori oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (DINPORA). Agenda tahunan tersebut merupakan program perekrutan bibit pelajar di Kabupaten Demak yang memiliki kualifikasi tertentu untuk menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera ditahun 2021 ini.

SMA Negeri 1 Demak terkenal selalu ikut berpartisipasi langsung pada kegiatan tersebut. Pada tahun 2021 ini mengirimkan sebanyak tujuh delegasi peserta didik. Mereka yang menjadi representasi sekolah untuk masuk gelanggang seleksi dan diharapkan mampu menjadi bagian dari tugas mulia mengawal Sang Merah-Putih di Kota Wali antara lain: Fathin Nur Arsyad, Bagus Kurniawan, Muhammad Hisyam Ferdiansyah, Anggie Wiyani Putri, Amanda Rizka Farras Shihab, Zakhfa Mafaza Kifata, dan Rifyanio Dwi Hani.

Pemilihan ketujuh peserta didik tersebut untuk menjadi perwakilan pihak sekolah telah melalui rangkaian program seleksi dan latihan intensif internal dari organisasi BARATA (Barisan Adi-Tanggon-Tanggap-Trengginas) yang dimiliki oleh Smansade. Hal tersebut diamini oleh Pembina BARATA, Muhammad Ariffandi, S.Pd.

“Penyaringan dan pemilihan secara selektif dan transparan secara internal dilakukan secara intensif selama satu minggu penuh sampai menjelang H-1 dari acara. Latihan baik fisik, mental, maupun intelegensia terkait wawasan kebangsaan juga sudah dilaksanakan secara ketat. Tentunya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dimasa penuh keprihatinan seperti ini. Mudah-mudahan delegasi BARATA yang ditunjuk pada event tersebut mampu melaksanakan tanggung jawabnya secara penuh.” Terang Guru pengampu mata pelajaran sosiologi tersebut.

Seleksi CAPASKIBRA untuk wilayah Kecamatan Demak Kota diikuti oleh 32 peserta. Tujuh diantaranya adalah wakil dari SMAN 1 Demak. Sedangkan sisanya merupakan delegasi dari SMAN 2 Demak, SMAN 3 Demak, SMKN 1 Demak, SMKN 2 Demak, dan SMA/SMK/MA Swasta. Nantinya para peserta seleksi yang terpilih akan melanjutkan pada tahap tes Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) yang pelaksanaannya dilakukan secara online. Pihak panitia ataupun juri dalam hal ini adalah dua anggota yang ditunjuk dari satuan Koramil Demak dan beberapa staf dari Dinpora.

Terpisah, wakil Kepala bidang kesiswaan, Winarno, S.Pd., M.Pd mengungkapkan harapannya pada kegiatan tersebut. mudah-mudahan anak yang ikut dalam seleksi ini betul-betul bisa menumbuhkan sikap nasionalise dan cinta pada tanah air untuk diri sendiri dan masyarakat lingkungan sekitarnya.

“Optimisme adalah kunci. Selama ini secara kultur historis dalam dunia Paskibraka Kabupaten Demak, Smansade tidak pernah absen dalam mengirimkan delegasinya dalam kancah tersebut. Kita mendapatkan beberapa benefit diantaranya memiliki organisasi yang berfokus dalam dunia Paskibra (BARATA-red), serta kualitas dan kuantitas peserta didik yang kita punya dapat dikatakan diatas rata-rata. Semoga pula tahun ini semuanya menjadi lebih baik keadaannya dibadingkan tahun-tahun sebelumnya.” Tutupnya. (BA/cr/Hum).

Sekolah Kesiswaan Paskibra
  1. TULISAN TERKAIT