; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Alur dan Tahapan Pengajuan Akun PPDB 2021 di SMAN 1 Demak

Kamis, 17 Juni 2021 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 984 Kali

SMANSADE- Tanggal 14 hingga 19 Juni 2021 adalah tahapan yang tidak terpisahkan dengan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB), Ketika tanggal tersebut tidak melalukan proses pengajuan akun di pastikan saat pendaftaran tidak bisa mendaftar di sekolah yang dituju.

Hingga berita ini diturunkan, beberapa calon peserta didik (cpd)/ calon wali murid masih terlihat mendatangi sekolah-sekolah, khususnya di SMAN 1 Demak, sekedar bertanya untuk informasi lebih detail tata cara pengajuan akun, meskipun sekolah sudah sosialisasi tentang tata cara pengajuan akun secara masif, lewat papan informasi yang di tempel didepan sekolah maupun media sosial. kedatangan para orang tua dilingkungan sekolah tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Disadur dari Juknis PPDB Jateng 2021, diketahui dalam pelaksanaannya PPDB jenjang SMA dapat dilakukan melalui empat jalur pendaftaran, yaitu zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali, dan prestasi. Akan tetapi sebelum melangkah lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran dan pemilihan sekolah tujuan pada 21-24 Juni 2021, terlebih dahulu membahas langkah yang sangat penting sebagai pijakan awal, yaitu pengajuan dan verifikasi akun PPDB 2021.

Pengajuan dan verifikasi akun PPDB Jateng 2021 dapat dilakukan secara mandiri oleh CPD (Calon Peserta Didik) melalui secara online melalui laman ppdb.jatengprov.go.id pada 14 hingga 19 Juni 2021. Masih terdapat salah "kaprah" yang umum dikalangan CPD terkait pengajuan akun dan pendaftaran. Hal ini dijelaskan oleh kepala sekolah melalui wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Winarno, S.Pd., M.Pd ketika dihubungi Tim Media SMAN 1 Demak.

 “Perlu diketahui oleh calon peserta didik, bahwa pengajuan akun berbeda dengan pendaftaran. Saat ini (14-19 Juni 2021,-red) sistem pada website PPDB Jateng 2021 hanya dapat diakses untuk pengajuan, verifikasi dan aktivasi akun. Pembuatan dan verifikasi akun sangat penting sebagai langkah awal dalam membuka akses untuk nantinya dapat memilih sekolah tujuan. Sementara untuk aktivasi akun, saya mendapatkan info dari Telkom selaku provider situs PPDB Jateng 2021, CPD disarankan mengaktifkan akunnya mulai tanggal 21 Juni 2021 untuk mengurangi resiko lupa password yang bisa berakibat fatal bagi proses selanjutnya”. imbuhnya.

Selain itu, guna mempermudah penyampaian informasi secara efektif, dan langsung terkoneksi dengan calon peserta didik melalui saluran online selama rangkaian PPDB Jateng 2021, pihak SMAN 1 Demak menyiapkan Operator PPDB 2021. sehingga operator dapat melayani hal-hal yang diperlukan informasinya oleh para cpd.

Hal yang sama juga disampaikan sekretaris panitia Siti Makhmudah, S.Pd, M.Pd  untuk memberikan pelayanan kepada para CPD panitia membentuk panitia operator PPDB Jateng. Setiap dua operator bertanggungjawab digrupnya masing-masing tersebut terhadap segala informasi terkait rangkaian PPDB dari awal pengajuan akun hingga nanti penutupan pendaftaran. Terdapat tujuh grup yang dibentuk via aplikasi Whats App. Adapun yang dapat bergabung didalamnya adalah Calon Peserta Didik yang telah mengisi link yang telah disebarkan. Mudah-mudahan dengan adanya grup ini, semakin memudahkan alur PPDB tahun ini.” ungkap guru matematika(BA/Cr/Hum).

Sekolah Humas Ppdb
  1. TULISAN TERKAIT