; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

dewan guru dan karyawan dengan khusuk mengikuti peringatan lahirnya pancasila secara virtual

Guru Dan Karyawan SMAN 1 Demak Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 Secara Virtual

Selasa, 01 Juni 2021 ~ Oleh Choerul Rozak ~ Dilihat 828 Kali

SMANSADE- Pancasila. Istilah yang merujuk pada lima pilar yang menjadi dasar berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia itu pertama kali dikemukakan tanggal 1 Juni 1945. Nama Pancasila dikemukakan oleh Ir Soekarno ketika berpidato  dalam rangkaian sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

 

Ketika berpidato dalam sidang BPUPKI 1 Juni 1945, Ir Soekarno mengemukakan 5 konsep untuk dijadikan sebagai dasar negara Indonesia. Kelima konsep tersebut adalah Kebangsaan, Internasionalisme, Permusyawarakatan, Kesejahteraan, Ketuhanan. Atas petunjuk seorang ahli, Ir Soekarno kemudian menyatakan lima dasar negara tersebut dirangkum dengan nama Panca Sila.

 

Sehingga sampai saat ini, setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila serta ditetapkan sebagai hari libur nasional melalui Keputusan Presiden No 24 Tahun 2016.

 

Karena masih dimasa pandemi covid -19, peringatan hari lahirnya pancasila tidak diperingati secara terbuka dan massif. Akan tetapi dilaksanakan secara terpusat dari Gedung Pancasila dan disiarkan langsung melalui kanal youtub BPIP, Instagram BPIP, dan siaran TVRI.

 

Guru dan Karyawan SMAN 1 Demak dengan hidmat mengikuti pelaksanaan kegiatan hari lahirnya Pancasila tahun 2021 ini secara virtual dengan berpakain adat. Sedangkan tempat mengikuti dewan guru bertempat di aula sekolah lantai 2 di mulai sejak 07.45 wib hingga selesai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Menurut Kepala Sekolah Drs Agus Budi Purwaka, M.Pd Alhamdulilah Bapak/Ibu Guru tetap mengikuti pelaksanaan peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2021. meskipupun hari libur nasional. akan tetapi yang hadir untuk menyaksikan secara virtual ini kami batasi maksimal hanya 50% dan sisanya mengikuti secara virtual dari rumah masing-masing.

 

“ Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir, sehingga tahun depan kita bisa merayakan hari lahirnya Pancasila secara normal dan lebih meriah lagi.” Ucapnya saat ditemui diruang kerjanya.(Cr/Hum)          

  1. TULISAN TERKAIT