; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Tutup Bulan Penuh Makna untuk Pemuda, Siswa-Siswi SMAN 1 Demak Kembali Berikan Prestasi Juara!

Senin, 30 Oktober 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 706 Kali

Smansade Update–Oktober, bulan lumbung makna bagi sejarah bangsa. Mereka yang saat itu tergolong pemuda menunjukkan eksistensinya untuk perjuangan merdeka. Tepat tahun ini, 95 tahun gelora Sumpah Pemuda menggema. Meneruskan estafet pesan perjuangan dan harapan kepada generasi muda selanjutnya.

Senin (30/10/2023) digelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 yang akar historisnya muncul pasa 28 Oktober 1928 silam. Berlokasi di lapangan utama sekolah, kegiatan upacara diikuti segenap civitas Smansade.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang pantang melupakan perjuangan leluhurnya. Termasuk nadi dari peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 itu sendiri. Nama-nama terkenal yang waktu itu muncul dan semuanya mayoritas masih berusia dibawah 30 tahun antara lain: Wage Rudolf Supratman (25), Mohammad Yamin (25), Sugondo Djojopuspito (23), Johannes Leimena (23), dan Amir Sjarifuddin (21) menjadi contoh pemuda-pemuda progresif yang kelak berpengaruh besar terhadap dinamika Indonesia setelah merdeka.

Upacara peringatan Sumpah Pemuda mengusung semangat bertumpah darah satu, berbangsa satu, dan menjunjung bahasa persatuan. Solikhin, S.Pd., M.Pd selaku kepala SMA  1 Demak menjadi pembina upacara. Kepala sekolah berpesan bahwa momentum Sumpah Pemuda dapat dijadikan refleksi diri untuk lebih berkontribusi terhadap sekolah.

" Mari jadikan bersama momentum Sumpah Pemuda ke-95 ini menjadi refleksi untuk masing-masing individu. Terutama anda sekalian generasi yang benar-benar muda. Jangan selalu mempertanyakan 'apa yang anda dapat'. Namun mulailah dibiasakan dengan 'apa kontribusi nyata yang telah saya berikan' untuk sekolah. Semisal seperti berprestasi jangan dimaknai sempit dengan memberikan gelar juara. Prestasi itu luas. Mulai dari yang sederhana adalah disiplin waktu dan bersungguh-sunggu melaksanakan penimbaan ilmu," ujarnya.

Momen upacara peringatan Sumpah Pemuda ke-95 juga dijadikan waktu yang tepat untuk memberi apresiasi tinggi kepada siswa-siswi SMAN 1 Demak peraih juara selama Oktober 2023. Mereka antara lain:

  1. Daffa Rasendriya Astaguna (Juara II Kejuaraan Taekwondo Gubernur Cup 2023; Medali Perak Olimpiade Sains Nasional Bidang Bahasa Inggris Tingkat Provinsi 2023)
  2. Saadiyah Noer Tuanaya (Medali Perak Olimpiade Sains Nasional Bidang Bahasa Inggris Tingkat Provinsi 2023)
  3. Regita Cahyani Sekar Putri (Juara III Tunggal Putri Kejurkab Petanque 2023)
  4. Rizky Fathir Prasetyo-Muhammad Farreliano Agixs Putra (Juara III Ganda Putra Kejurkab Petanque 2023)
  5. Aulia Septiana Sukma-Maulida Selvi Sulistyowardani (Juara I Ganda Putri Kejurkab Petanque 2023)
  6. Winni Fahmida-Arini Intan Bariha (Juara III Ganda Putri Kejurkab Petanque 2023)
  7. Natasya Novelinda (Juara III Run for Fun Lari 5 Kilometer PPKOrmawa 2023)
  8. Bias Lin Marlina (Juara Harapan I Run for Fun 5 Kilometer PPKOrmawa 2023)
  9. Olivia Aqiilah Zalfa (Juara I Kategori 13-16 Tahun Demak Fashion Fest 2023)
  10. Nalini Kholifah Fii Amannila (Juara II Kategori 13-16 Tahun Demak Fashion Fest 2023)
  11. Najila Azarin (Juara III Kategori 17-24 Tahun Demak Fashion Fest 2023)

Pemuda harapan bangsa. Pemuda salah satu kunci eksistensi negara. Pemuda berpotensi besar menentukan negara menjadi lebih berjaya. Bersama Majukan Indonesia! (BA/Hum).

Sekolah Prestasi Upacara
  1. TULISAN TERKAIT