; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Pengumuman SNBP 2023, Smansade Tertinggi di Kota Wali

Senin, 03 April 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 1072 Kali

Smansade Update – Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 telah mencapai titik kulminasi. Smansade menyandang sebagai instansi dengan jumlah peserta didik tertinggi yang diterima pada helatan tahunan tersebut.

Selasa, 28 Maret 2023 bertepatan dengan usia Demak yang ke-520 tahun, juga menjadi hari menegangkan dan bersejarah bagi sebagian peserta didik. Hasil pada hari tersebut memperlihatkan secercah gambaran tentang pijakan pendidikan tinggi selanjutnya.

Apabila dilacak secara historis, jalur SNBP merupakan pembaharuan dari program SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang dilakukan oleh Ditjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi). Tercatat pertama kali dilaksanakan secara serentak pada tahun 2008 silam dan berkontinuitas hingga sekarang dengan pembaharuan-pembaharuan disetiap tahunnya. Intinya memberikan kesempatan berkompetisi melalui jalur rapor atau prestasi kepada para pelajar setingkat SMA/SMK baik negeri maupun swasta agar diterima pada perguruan tinggi yang diharapkannya.

Mulai pukul 15.00 WIB, setiap peserta didik yang berstatus eligible (memenuhi syarat) dan mendaftar perguruan tinggi melalui jalur rapor dapat mengakses laman utama https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id untuk mengetahui terjaring atau tidaknya mereka menjadi bagian dari calon mahasiswa melalui jalur SNBP 2023.

Sekedar diketahui, untuk SNBP 2023 jumlah peserta didik yang termasuk kategori eligible dari jurusan MIPA sebanyak 137 orang. Sedangkan jurusan IPS menyumbang 22 orang. Sehingga jika ditotal jumlahnya menjadi 159 orang. Sementara jumlah keseluruhan kelas XII angkatan 2022/2023 menyentuh angka 395 peserta didik. Kuota partisipan SNBP 2023 dari tiap instansi pendidikan maksimal 40%.

Berdasarkan pantauan dan laporan yang didapatkan, jumlah peserta didik dari SMAN 1 Demak yang diterima melalui jalur SNBP 2023 diketahui merupakan yang tertinggi se-Kabupaten Demak. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Ahmat Zaeni, S.Pd.Gr selaku guru BK yang salah satu tugasnya mengawal jalannya SNBP.

Alhamdulillah, total sebanyak 54 siswa-siswi SMAN 1 Demak diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNBP 2023. Jumlah tersebut tersebar di berbagai universitas dan jurusan. Secara umum kita yang tertinggi di Kabupaten Demak,” terangnya.

Hasil pengumuman memang membawa warna tersendiri. Ada yang berstatus ‘hijau’ sehingga perasaannya lega. Sebaliknya, terdapat pula yang ketika mengetahui hasilnya berstatus ‘merah’ yang artinya harus segera menyiapkan planning berikutnya untuk berjuang pada gelanggang SNBT 2023.

Perjalanan bagi peserta didik yang diterima melalui jalur SNBP 2023 masih panjang. Selain daftar ulang, masih terdapat step by step yang harus dilaksanakan sebelum secara official menjadi bagian dari perguruan tinggi tempatnya diterima.

Sedangkan bagi yang belum terserap melalui SNBP 2023, masih banyak pintu lain untuk diperjuangkan seperti SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) maupun Ujian Mandiri. Mempersiapkan diri secara matang dengan rajin berlatih dan belajar secara mandiri maupun berkelompok merupakan salah satu indikator kunci pada dua jalur tes tersebut.

Kabar positif juga datang dari jalur SPAN-PTKIN, semacam SNBP namun versi yang digawangi oleh Kementerian Agama untuk siswa-siswi yang tertarik mendaftar melalui jalur rapor pada universitas-universitas negeri yang bernafaskan religi. Pada jalur tersebut tercatat dua siswa dari Smansade diterima di IAIN Kudus atas nama Azzam Shidqi di jurusan Ilmu Al-Qur'an & Tafsir dan Muhammad Maulana Yusuf yang diterima pada jurusan Bahasa Arab.

Info lebih lengkap untuk mengetahui siapa saja peserta didik beserta jurusan maupun universitas penerimanya dapat dilihat pada laman Instagram resmi sekolah @Smansademak. SMA Negeri 1 Demak, maju bersama hebat semua! (BA/Hum).

Sekolah Snbp Ptn
  1. TULISAN TERKAIT