; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

ilustrasi : Siswa sedang belajar secara daring dari kediamannya

Belajar Online Saat Pandemi Covid-19 Agar Tetap Efektif, Koordinator BK : Kami Siap Berikan Pendampingan

Kamis, 15 Juli 2021 ~ Oleh Choerul Rozak ~ Dilihat 1363 Kali

SMANSADENews- Semenjak Pemerintah Indonesia bahkan dunia menetapkan wabah Covid -19 sebagai pandemi, praktis merubah secara signifikan segala tata cara kehidupan yang sudah terbangun sejak awal. Salah satunya adalah berdampak pada sekor Pendidikan, semula  proses KBM menggunakan tatap muka sekarang beralih ke pembelajaran online. Suka tidak suka senang mau tidak mau tetap harus diikuti, sehingga menjadi bagian untuk memutus mata rantai terpaparnya virus corona yang lebih banyak. 

Untuk sebagian pelajar, proses belajar online merupakan bagian hal yang tidak mudah dilakukan, sehingga akan bisa berdampak pada siswa pada capaian akademiknya, akan berbeda pula ketika siswa sudah terbiasa dengan online akan tidak dampak yang signifikan terhadap akademiknya.

Menurut Kepala Sekolah melalui Koordinator BK Ambar Eko Y, S.Pd. M.Kons menyampaikan bahwa memang pembelajaran online banyak kendala jika dibandingkan dengan tatap muka. Problem yang paling banyak dihadapi siswa rata-rata jaringan dan kuota dan dorongan dari anak itu sendiri. Untuk kuota sebenarnya pemerintah sudah membantu memberikan subsidi kuota, sedangkan untuk jaringan ini hampir Kabupaten Demak ada providernya. Nah yang dominan rata-rata kemalasan, ini butuh komitmen semua pihak orang tua, lingkungan, serta guru.

“ Sekolah sejak awal  memfasilitasi untuk datang ke sekolah jika ada problem dibidang kuota dan jaringan sehingga sudah tidak alasan lagi, sekolah punya 5 laboratorium komputer yang bisa difungsikan, tentunya datang dengan disiplin protokol kesehatan secara ketat”. Imbuh Ambar

ia menambahkan jika anak-anak masih kesulitas pula, kami dari BK siap memerikan layanan konsultasi secara daring selama 1 x24 jam. Sehingga ketika anak ada kesulitan yang didapatkan segeralah komunikasi dengan jajaran BK. Insyaallah akan segera dapat solusinya. Pungkasnya

Berikut tips belajar online selama masa pandemi yang diambil dari berbagai sumber

  1. Siapkan ruangan khusus belajar yang nyaman dan tenang

Kenyamanan tentu saja menjadi faktor pendukung utama bagi kelancaran. Oleh karena itu, pilih ruangan secara khusus dan sebaiknya tidak didalam kamar dengan harapan tidak tergoda untuk beristirahat yang belum waktunya

  1. Batasi Penggunanan Handphone

Handphone dapat dikatakan sebagai distraksi yang cukup besar dalam proses belajar online selama pandemi. Maka dari itu pastikan handphone anda dalam keadaan silent/muted atau matikan notifikasi. Dengan begitu tidak akan membuka handphone saat sedang belajar.

  1. Susun Jadwal

Berikutnya, tips belajar online selama pandemi yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun jadwal secara rinci. Jadwal belajar adalah salah satu hal penting untuk memastikan keefektifan belajar selama dirumah.

  1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Sebelum mulai belajar, pastikan dulu bahwa koneksi internet dirumah sudah stabil. Tidak perlu terlalu cepat yang penting proses belajar seperti geoglemet atau lainnya bisa berjalan lancar

Tips di atas tidak satu-satunya bagaamana cara belajar yang efektif, minimal sebagai pilihan alternatife jika belum memiliki solusi belajar online secara efektif dimasa pandemi. Dan bisa jadi pula, jika keempat tips diatas dijalankan, kemungkinan akan memudahkan kita dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar khususnya di SMAN 1 Demak. (Cr/Hum)

 

  1. TULISAN TERKAIT