; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Rohis (Rohani Islam) SMAN 1 Demak Gelar Pembacaan Arwah Jama’; Kepala Sekolah : Bagian Tradisi yang harus dilestarikan.

Sabtu, 03 April 2021 ~ Oleh Choerul Rozak ~ Dilihat 798 Kali

SMANSADE- Tradisi doa arwah atau haul jama’ masih menjadi ritual yang tidak pernah ditinggalkan oleh masyarakat Demak khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya. Haul jama’ di SMAN 1 Demak baru kali pertama dilaksanakan menjelang bulan Ramadlan. Bahkan kegiatan haul arwah jama’ seperti ini menjadi kegiatan rutin masyarakat di Kabupaten Demak yang bertempat di masjid-masjid maupun di mushola menjelang bulan ramadlan yang dilanjutkan nyadran ke makam.

 

Kegiatan pembacaan arwah jama’ dilaksanakan di Mushola SMAN 1 Demak, sebagai penyelengga adalah Rohani Islam (rohis) Sman 1 Demak. Pembacaan Arwah Jama’ dimulai jam 09.00-12.00 WIB. Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Pembina Rohis, serta  perwakilan pengurus ROHIS.

 

Menurut Kepala Sekolah Drs. Agus Budi Purwaka, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini perlu didukung kalau perlu dibuat kegiatan rutin tahunan, sebab kegiatan pembacaan arwah jama’ seperti ini bagian tradisi yang perlu dilestarikan, sebab kelak kita juga akan membutuhkan doa dari orang yang masih hidup, apalagi kita warga Nahdliyin perlu nguri-nguri tinggalan tradisi para ulama.” Ungkapnya.

 

“ Alhamdulilah, kegiatan anak-anak walaupun di sekolah, tapi saya pastikan tetap menggunakan protokol kesehatan dengan ketat, memang sudah sering saya sampaikan para pembina kegiatan, misalnya ada kegiatan jangan sampai terlena.” Tambahnya.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Waka Kesiswaan Winarno, S.Pd, M.Pd  perlu kita tanamkan karakter ke anak untuk selalu pada orang yang sudah meninggal, dan selalu mendoakan kepada orang-orang yang sudah mendahului kita, sebab salah satu jariyah yang mengalir yaitu punya anak sholeh yang selalu mendoakan orang tua maupun mendoakan yang sudah meninggal, mudah-mudahan anak-anak di SMAN 1 Demak menjadi anak yang sholeh. Amin..” Ucapnya.

 

Pembacaan arwah jama’ di pimpin oleh Pembina Rohis Choerul Rozak, S.Pd.I, M.Pd, dengan jumlah arwah yang dibaca kurang lebih ada 500 arwah. Kiriman arwah dari siswa maupun dari Bapak/Ibu Guru SMAN 1 Demak. selesai pembacaan arwah dilanjutkan dengan bacaan Al Qur’an 30 Juz. Selesai pembacaan tahtiman Al Qur’an di isi dengan pembacaan tahlil dan diakhiri dengan doa.(Cr/Hum)    

  1. TULISAN TERKAIT