; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Rohis dan Ekstra Paskibra Gelar Ngaji Bareng

Selasa, 08 Pebruari 2022 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 1247 Kali

SMANSADENews- Penempaan fisik dan mental yang tangguh merupakan dua elemen pembentuk karakter peserta didik. Akan tetapi, aspek spiritualitas juga tidak dapat diabaikan sebagai bagian dari keimanan. Bersama Rohis SMAN 1 Demak, organisasi Paskibra BARATA menggelar kegiatan bertema keagamaan.

Sore itu, Senin (07/02/2022) bertempat di Mushola At-Taqwa SMAN 1 Demak terdengar sayup-sayup lantunan ayat suci Al-Qur’an. Terdapat banyak sepatu yang ditanggalkan disekitar pelataran tempat ibadah dilingkungan SMAN 1 Demak. Didalamnya, duduk bersila dengan sebagian besar berpakaian busana muslim, peserta didik yang tergabung dalam organisasi Paskibra BARATA dan Rohis mengadakan kegiatan "BARATA Mengaji".

BARATA Mengaji merupakan terobosan baru Paskibra BARATA. Demi kelancaran acara, maka bekerjasama dengan Rohis SMAN 1 Demak adalah pilihan tepat untuk menggabungkan elemen kebersamaan dan orientasi pada keagamaan. Pada sesi sebelum mulai pengajian bersama, pembina Paskibra BARATA, Muhammad Ariffandi, S.Pd menuturkan pentingnya aspek spiritualitas dan mengingatkan kembali untuk tidak melupakan urusan akhirat.

“Sebagai umat Islam, sudah menjadi keyakinan wajib untuk beriman kepada setiap ketentuan-Nya. Bertakwa dan berserah diri kepada Allah. Segala sesuatu yang ada di dunia ini tak lepas dari Takdir-Nya. Setiap peristiwa dan kejadian juga pasti memiliki hikmah dibaliknya. Kita sebagai umat-Nya, hendaknya kembali membumi. lebih-lebih situasi saat ini, semoga kita cepat keluar dari wabah pandemi. Hidup didunia memang penting akan tetapi bekal untuk hidup pada level akhirat juga tak bisa diabaikan.” Tutur guru Sosiologi.

Setelah pemberian penguatan dari pembina, acara dilanjutkan dengan membaca bersama beberapa surah dari Al-Qur’an. Masing-masing peserta membawa kitab suci agama Islam tersebut. Fokus dan konsentrasi dengan bacaan. Sementara anak-anak Rohis SMAN 1 Demak juga tak mau ketinggalan. Selain mengawal kegiatan, mereka juga ikut berpartisipasi dalam pembacaan kitab suci.

Berlangsung sejak pukul 15.30 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB, secara umum BARATA Mengaji berjalan dengan lancar.

Mira Mardiana salah satu peserta menyampaikan “Senang kegiatan BARATA Mengaji berjalan lancar dan tertib. Melalui kegiatan bernuansa religius seperti ini BARATA ingin menunjukkan bahwa tidak hanya fokus pada aspek fisik saja tetapi juga tidak melupakan kebutuhan batin dan keimanan anggota. Semoga kegiatan-kegiatan serupa dapat diteruskan pada kesempatan mendatang.” Tutup carik (wakil ketua) BARATA Angkatan 26 tersebut. (Ba/Cr/Hum).

Paskibra Rohis Agama
  1. TULISAN TERKAIT