; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

4 Siswa SMA 1 Demak terpilih Menjadi Pengurus Pramuka Garuda Kabupaten Demak

Selasa, 26 Oktober 2021 ~ Oleh Arnida Dewantari ~ Dilihat 1047 Kali

SMANSADEnews- Salah satu ekstrakurikuler yang selalu ditemukan mulai dari SD hingga SMA adalah pramuka. Pramuka menjadi salah satu ekstrakurikuler yang menarik karena kegiatan yang dilakukan selalu menyenangkan. Pada dasarnya, kegiatan yang ada dalam pramuka itu sangat mendidik, melatih keterampilan dan juga kecakapan. Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa tingkatan dalam pramuka, antara lain siaga, penggalang, penegak, dan pandega.

Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. Menurut keterangan salah satu guru pembina pramuka SMA 1 Demak, Siva Safitri, S.Pd., Kabupaten Demak diharapkan menjadi kabupaten pramuka yang mulai dicanangkan sejak Bupati HM Natsir. Oleh karena itu Kwartir Cabang Demak ingin meningkatkan pramuka di Demak dalam segi kuantitas maupun kualitas.

“Pramuka garuda sebenarnya tuntutan pada saat pak Natsir mencanangkan Kabupaten Demak sebagai Kabupaten Pramuka. Maka targetnya harus ada prestasi di Kabupaten Demak salah satunya pencapaian pramuka garuda yang dituntut berjumlah ratusan dalam satu tahun. Oleh karena itu disetiap sekolah diwajibkan ada siswa yang mampu mencapai tingkatan pramuka garuda. Yang untuk mencapainya harus melewati beberapa tingkatan terlebih dahulu dari bantara, dilanjut laksana yang menggunakan pengujian SKU (umum) dan SKK (khusus) di mana ada lebih dari 45 keterampilan yang harus dikuasai,” ungkap Guru Geografi 

Pelantikan Pramuka Garuda tingkat penegak dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Oktober 2021 pukul 13.00 di Sanggar pramuka Kwartir Cabang Demak. Sebelumnya Senin (11/10) turun surat dari kwarcab untuk seleksi pramuka garuda, kemudian Kamis (14/10) siswa yang akan mengikuti mengumpulkan portofolio dengan syarat-syarat sebagai pramuka garuda. Salah satunya harus sudah dilantik menjadi laksana, sudah memenuhi SKU laksana dan memiliki minimal 9 kecakapan khusus. Kegiatan seleksi berlanjut dihari Minggu (17/10) dengan jadwal seleksi ujian yaitu praktik dan ujian lisan (wawancara) untuk uji kecakapan. Dan puncaknya pada hari Sabtu (23/10) dilantik.

Lebih lanjut Siva menyampaikan kebanggannya atas prestasi yang telah dicapai para anak didiknya. “Waktu mendaftar sebagai pramuka garuda, siswa harus membuat portofolio yang berisi pencapaian pramuka penegak sampai laksana. Hari sabtunya langsung diujikan, ada uji teknologi, bahasa asing, mempertanggungjawabkan SKU dan SKK. Jika sudah dinyatakan lolos, baru layak dilantik menjadi pramuka garuda. Untuk SMA 1 Demak alhamdulillah ada 4 peserta dan bisa lolos semua. Untuk kecamatan Demak yang mengajukan hanya SMA 1 dan SMA 2. Saya ingin mengapresiasi mereka yang telah berhasil atas usaha mereka sendiri,“ imbuhnya

“Peserta seleksi se-kabupaten Demak berjumlah 72 pramuka penegak laksana. Terdapat 50 orang yang lolos dilantik menjadi penegak pramuka garuda. Peserta gagal sebanyak 22 orang. Ada 4 siswa SMA 1 Demak yang dilantik yaitu atas nama Risalatul Muthoharoh, Dhanu Setyo Nurwicaksono, Regita Puspita, dan Ruziqu Firosyan Khosyi'in, kesemuanya merupakan siswa kelas XII” pungkasnya. (Ad/Cr/Hum)

  1. TULISAN TERKAIT