; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Kepala KCD wil 2 Sunarto tampak melihat berjalannya KSN di SMAN 1Demak

27 Siswa Terbaik SMAN 1 Demak Ikuti Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten

Sabtu, 05 Juni 2021 ~ Oleh Choerul Rozak ~ Dilihat 857 Kali

SMANSADE- Suasana tenang dan tertib nampak diruang Laboratorium Komputer SMA N I Demak. Raut wajah serius dan sorotan mata tajam pun terpancar disetiap peserta yang ada di ruang tersebut.  Mereka adalah peserta didik terbaik SMA N I Demak Kompetisi Sains Nasional 2021 Tingkat Kabupaten/Kota yang dilaksanakan 3-4 Juni 2021.

 

Untuk sampai tahap ini, sebanyak 27 siswa SMAN 1 Demak telah lolos seleksi Tingkat Sekolah yang diadakan Maret yang lalu untuk 9 mata pelajaran yang dikompetsikan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Kebumian, Ekonomi dan Geografi. 

 

Adapun Siswa yang terpilih sesuai dengan dibidang yang dikomepstikan yaitu Bidang Astronomi adalah Muthia Apriatna (X MIPA 5), M. Danil Huda (XI MIPA 4), Regita Puspita (XI MIPA 5), Biologi Laeli Puspita (X MIPA 6), Taura Ayu (X MIPA 7), Rina Putri (XI MIPA 4), Andika Alfi (X IPS 2), Nasywa Alifia (X IPS2), Wildan Syukron (XI IPS 2) Ekonomi, Fisika Alliyarifda Firyaltsalitsa (XI MIPA 4), Vicky F.G (XI MIPA 4), Haidar (XI MIPA 4), Bidang Geografi Farisa A.S (X IPS 2), Dagna M.K (X MIPA 5), Aufil Ahda E.H (XI MIPA 4). Bidang Kebumian adalah Felariska A (X MIPA 5), Intan F.M (X MIPA 5) dan Chaidir Rofie B.C (XI MIPA 3). Bidang Kimia Radit Rizal S (X MIPA 5), Amalia Kamila (XI MIPA 3) dan Siti Aisyah (XI MIPA 4), Bidang Matematika Fariz Naufal (X MIPA 5), Nathania Ayu (X MIPA 9) dan Yustian Faza (XI MIPA 4), serta Rosita Rohmah (X IPS 2), Faza Nazila (X MIPA 5), Faiq Aldaffa (XI MIPA 8) Bidang TIK.

 

Berdasarkan Keputusan 4 (empat) Menteri tentang Pertemuan Tatap Muka (PTM) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) serta mengingat masih adanya zona merah, oranye dan kuning di Indonesia maka pelaksanaan KSN SMA 2021 dilakukan secara Daring/Online di satuan pendidikan masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terhadap peserta, pengawas, panitia.

 

Kegiatan dilaksanakan dalam 2 hari yaitu hari pertama untuk bidang matematika, Fisika, Kimia, Informatika dan Biologi sedang hari kedua untuk bidang Astronomi, Kebumian, Ekonomi dan Geografi dimulai 08.00 dengan durasi waktu 2 jam atau 3 jam untuk bidang tertentu.

 

Untuk memastikan pelaksanaan KSN Tingkat Kabupaten/Kota berjalan secara kredibel dan berintegritas Maka Sunarto, S.Pd, M.Pd selaku Kepala KCD Wilayah II melakukan visitasi ke satuan pendidikan yang melaksanakan KSN termasuk berkunjung di SMAN I Demak Hari Kamis 3 Juni 2021.  “Alhamdulillah, pelaksanaan KSN di SMAN I Demak dapat berjalan dengan baik, lancar, dan tidak ada masalah teknis, karena ada beberapa sekolah yang mundur dari kompetisi tahun ini yang disebabkan sekolah tidak berhasil sinkron atau tidak berhasil instal software”, ujar Sunarto tanpa menyebutkan satuan pendidikan yang dimaksud.

 

Usai kompetisi, diversitas perasaan mewarnai peserta KSN, salah satunya Farras Haidar peserta KSN Bidang Fisika.  “Saya merasa lega karena telah melaksanakan kompetisi dengan berbagai persiapan yang ekstra, mulai dari mengikuti try out sampai karantina sekolah, namun merasa sedih juga karena ada soal yang diluar dugaan saya, dan saya berdoa semoga dapat memberikan yang terbaik untuk SMAN I Demak dan orang tua saya” ucap siswa yang menyenangi ekstra pramuka. 

 

Ungkapan perasaan yang sama pun disampaikan juga oleh Yustian Faza, peserta KSN Bidang Matematika.  Siswa bertubuh ramping dan cenderung pendiam ini merasa lega telah menyelesaikan soal-soal kompetisi meskipun ada soal yang takterduga juga tetapi ia secara mental lebih siap dibanding tahun sebelumnya.  Di saat kelas X pun dia sebagai peserta KSN dan lolos seleksi KSN Tingkat Kabupaten/Kota mewakili kota belimbing menuju KSN Tingkat Propinsi dibidang yang sama. “Dengan, berbekal pengalaman tahun sebelumnya, pembinaan yang lebih ekstra dari pihak sekolah dan takkalah pentingnya adalah persiapan mental serta doa orang tua semoga KSN tahun ini saya bisa memberikan yang lebih baik untuk sekolah dan orang tua saya tercinta”, harap Yustian.  

 

Untuk menghadapi KSN tahun ini, pihak sekolah telah melakukan perbaikan-perbaikan mekanisme, berbagai strategi-strategi persiapan dan bimbingan ekstra untuk mengantar siswa siswi mengikuti kompetisi bergengsi tahun ini.

 

Menurut Kepala Sekolah Drs Agus Budi Purwaka, M.Pd menyampaikan ksn ini bagian dari program sekolah untuk menunjukkan kualitas dan mutu sekolah, sehingga kami perhatian betul adanya event ini, bahkan sekolah kami setiap ada even ini pasti ada yang lolos ke tinggat propinsi, akan belum ada yang sampai nasional. Sekolah akan berupaya keras bisa mengantarkan siswa-siswi pada level nasional.

 

“Sekolah sudah berupaya semaksimal mungkin, sekolah sudah bekerja keras memberikan bimbingan, try out, penggemblengan siswa dengan latihan-latihan soal, begitu juga dengan siswa siswi yang telah menjalankan karantina persiapan KSN dengan sungguh-sungguh.  Semua itu berujung pada ekspektasi dapat menambah prestasi SMAN I Demak secara khusus dan kota wali secara umumnya, kita berdoa semoga harapan itu terkabul, kita tunggu pekan ketiga bulan Juni ini”, ungkap Kepala SMAN I Demak yang punya hobi olahraga pimpong (Dw/Cr/Hum).

  1. TULISAN TERKAIT