; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

siswa sman 1 demak sedang melaksanakan PAS semester Genap secara daring

SMAN 1 Demak laksanakan Penilaian Akhir Semester, Kepala Sekolah : Kujujuran harus diutamakan

Rabu, 19 Mei 2021 ~ Oleh kustiani ~ Dilihat 858 Kali

SMANSADE-Penilaian Akhir Semester (PAS) bertujuan untuk mengukur hasil belajar peserta didik selama satu semester. Dengan adanya PAS juga digunakan untuk mengukur materi pelajaran yang diberikan oleh guru-guru melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan di sekolah kepada atasan dan orang tua wali murid tentang capaian akademik putra-putrinya.

Semenjak diberlakukannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar oleh pemerintah, kegiatan belajar dan mengajar dilakukan di rumah sebagai upaya pemutusan mata rantai covid-19 yang sudah menjadi pandemi di seluruh dunia. Pendidik dan peserta didik SMA Negeri 1 Demak melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau PJJ dengan menggunakan beberapa metode dan perangkat pembelajaran yang mendukung dan dapat mempermudah pelaksanaan PJJ dari rumah. Begitu pula untuk proses penilaian akhir semester genap ini.

Penilaian Akhir Semester (PAS) di SMA Negeri 1 Demak  dilaksanakan sesuai dengan kalender akademik yang telah disusun diawal semester dan dilaksanakan setiap tahunnya oleh sekolah. Namun pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun pelajaran 2020/2021 berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana Penilaian Akhir Semester (PAS) kali ini dilaksanakan secara Daring (Dalam Jaringan). Pembelajaran secara daring,  anak mengerjakan soal-soal Penilaian Akhir Semester (PAS) di rumah menggunakan akan media Hp/Laptop. PAS atau Penilaian Akhir Semester dilaksanakan mulai dari tanggal 19 – 25 Mei 2021, pukul 07.15 – 14.25 WIB. pada pelaksanaan PAS kali ini guru diberi kebebasan dalam memilih perangkat penilaian, perangkat penilaian yang sudah umum digunakan oleh guru SMA Negeri 1 Demak demak seperti Google Classroom, Google Form, Microsoft form, googlemeet dan zoom.

Pelaksanaan PAS juga bisa dilakukan secara tatap muka menggunakan googlemeet atau zoom, sehingga guru & siswa dapat saling melihat. Biasanya guru melakukan PAS dengan cara tes lisan secara langsung ataupun siswa diminta mengerjakan soal dan kamera dihidupkan. Sehingga segala gerak-gerik siswa terpantau oleh guru, hal ini juga dapat mengurangi kesempatan siswa untuk berbuat curang.

Dalam kegiatan PAS atau Penilaian Akhir Semester, tidak hanya menghargai kompetensi pengetahuan siswa saja, tetapi KEJUJURAN siswa harus menjadi komponen tertinggi dalam penghargaan. Dalam setiap kesempatan wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Waluyo Sudarmo,S.Pd., M.Pd selalu mengatakan, “Bapak-Ibu guru, jangan pernah memberi toleransi apapun terhadap kecurangan²/ketidakjujuran yg dilakukan siswa dalam Penilaian Akhir Semester (PAS). Untuk itu, pastikan dalam Penilaian Akhir Semester (PAS) kali ini bapak ibu ada cara/strategi untuk mengetahui kejujuran dan ketidakjujuran yg dilakukan siswa. Prestasi memang Penting, tapi JUJUR yang Utama”.

Menurut kepala sekolah Drs Agus Budi Purwaka, M.Pd menyampaikan himbauan kepada peserta didik yang sedang PAS tetap menjaga integritas dalam mengerjakan soal yang sudah diberikan oleh bapak/ibu guru. dan saya sampaikan selamat melaksanakan PAS selama 5 hari kedepan." pungkasnya  (Tr/Cr/hum).

  1. TULISAN TERKAIT