; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Materi MPLS Salah Satunya Pentingnya Etika Berkomunikasi Selama Belajar Di Sekolah

Kamis, 15 Juli 2021 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 3851 Kali

SMANSADENews- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (selanjutnya disebut MPLS) terus bergulir. Diikuti oleh 432 siswa baru, MPLS di lingkungan SMA Negeri 1 Demak dilakukan dengan konsep dalam jaringan atau online.

Kegiatan MPLS secara online masih tetap berlanjut. Penggunaan tautan Google Meet  menjadi pilihan pihak Panitia untuk dimanfaatkan ruang “pertemuan” virtual.

Materi yang disampaikan pada MPLS salah satunya adalah etika Peserta Didik dalam berkomunikasi. Narasumbernya Wakil Kepala sekolah bidang Hubungan Masyarakat (Humas), Esti Ambirati, S.S., M.Si.

“Sebagai generasi muda, terlebih kalian telah menjadi bagian dari siswa SMA Negeri 1 Demak, wajib paham dan menerapkan 5S baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah.” Ungkap guru yang mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia tesebut.

Adapun 5S yang dimaksud adalah etika senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Kelima unsur tersebut secara terintegrasi memang seyogyanya dimiliki oleh peserta didik baru SMA Negeri 1 Demak. Sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional yakni pembentukan karakter bangsa. Menekankan aspek spiritual dan sosial.

Lebih jauh, wakil kepala Bidang Humas juga menuturkan pentingnya menghormati antar warga SMA Negeri 1 Demak, terutama dalam hal berkomunikasi.

“Penting pula untuk diingat, diresapi, dan dilakukan soal tutur kata dalam berkomunikasi. Baik itu kepada Bapak/Ibu guru, tenaga kependidikan, petugas kebersihan maupun sesama siswa. Semua ada etikanya. Tunjukkan bahwa kalian semua memang benar-benar menjadi siswa SMA Negeri 1 Demak yang bisa mengharumkan nama sekolah di mata masyarakat, salah satunya melalui sikap dan tingkah laku dalam berbicara.” Jelasnya kepada 432 siswa baru yang terkoneksi melalui lima ruang virtual.

Pengisian materi mengenai etika dalam berperilaku dan bertutur kata dari wakil kepala bidang humas tersebut diakhiri dengan harapan tinggi kepada para peserta didik kelas X. (BA/Cr/Hum).

Sekolah Kesiswaan Mpls2021
  1. TULISAN TERKAIT