; ; ;

SMA Negeri 1 Demak

Jl. Sultan Fatah No. 85 Demak

Maju Bersama Hebat Semua

Dewan Guru SMAN 1 Demak Ramaikan Panen Raya CGP 2023

Minggu, 09 Juli 2023 ~ Oleh Baihaqi Aditya ~ Dilihat 792 Kali

Smansade Update- Program Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 7 hampir mendekati garis akhir. Penutupannya dihelat dengan meriah dalam bingkai Panen Raya. Enam guru SMAN 1 Demak yang tergabung dalam CGP A7 berpartisipasi langsung didalamnya.

Kamis (06/07/2023), lapangan Pendopo Kabupaten Demak tampak beda dari biasanya. Apabila biasanya rumput hijau segar yang menjadi pemandangannya, kini berganti menjadi menjadi deretan stand-stand buatan bapak/ibu guru CGP A7. Suasana ramai terasa kala itu.

Program Calon Guru Penggerak (CGP) sendiri adalah salah satu kebijakan yang diluncurkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Adanya program tersebut ditujukan untuk memberi pelatihan yang selaras dengan zaman dan pandangan baru dunia pendidikan kepada guru-guru di Indonesia dari berbagai jenjang pendidikan. Kegiatan dilakukan dengan sistem blended. Setengah dalam jaringan dan tatap muka melalui lokakarya. Untuk dapat menjadi CGP, haruslah melalui beragam tahapan seleksi. Saat ini, program CGP sudah memasuki A9.

Panen Raya merupakan kegiatan final dari program CGP. Menampilkan stand-stand yang berisi beragam ide, gagasan, maupun produk dari para CGP di wilayah Kabupaten Demak. Total CGP A7 dari Kab. Demak berjumlah 150 individu yang terbagi menjadi kelompok-kelompok. Dari SMAN 1 Demak sendiri terdapat enam guru yang menjadi bagian dari CGP A7. Mereka adalah: (1) Setyo Nugroho, S.Pd., M.Pd., (2) Winarno, S.Pd., M.Pd., (3) Isolihatun, S.Pd., M.Pd., (4) Choerul Rozak, S.Pd.I., M.Pd., (5) Dwi Wahyuningsih, S.Pt., dan (6) Dhimas Bayu Aji Putranto, S.Pd.Gr.

Acara dimulai pada pagi hari. Para pemangku jabatan tinggi di depan hadir dalam gelaran tersebut. Hal ini menunjukkan terdapat sinkronisasi positif antara dunia pendidikan dengan pemerintah daerah. Keberadaan guru dari jenjang dasar hingga tinggi sangat penting bagi peradaban Demak sendiri. Bupati Demak juga berkeliling mengunjungi stand-stand Panen Raya untuk melihat kreativitas dan hasil yang ditorehkan oleh para pencetak insan cendekia di Kota Wali.

Choerul Rozak, S.Pd.I., M.Pd mengamini jika tujuan diadakan Panen Raya untuk menunjukkan adanya eksistensi CGP sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat.

“Kita selama hampir satu tahun penuh dilatih dalam program CGP ini tentu memiliki tujuan. Salah satunya bermuara pada Panen Raya. Masyarakat datang ke stand-stand, kemudian dibebaskan untuk bertanya apapun tentang program-program pelatihan selama CGP berlangsung dan produk-produk apa saja yang dihasilkan. Ini semua juga bagian dari usaha pemerintah untuk memperbaharui dunia pendidikan step by step ke arah yang lebih progresif ke depannya,” ujar guru pendidikan agama dan budi pekerti tersebut.

Stand Panen Raya tim CGP Smansade berorientasi pada konsep Jawa. Gapuranya dibuat berbentuk joglo, disediakan welcome drink bagi pengunjung berupa jamu coro khas Demak, terdapat satu set gamelan, dan bapak/ibu guru mengenakan busana tradisional Jawa Tengah. Didalam stand, ditampilkan ide-ide maupun produk hasil CGP berenam dewan guru SMAN 1 Demak.

Acara rampung pada sore hari. Seiring dengan selesainya Panen Raya, tutup buku pula rangkaian program Calon Guru Penggerak A7. Semoga dewan guru yang telah digembleng melalui program CGP mampu memberikan pandangan baru dan ide-ide yang lebih luas demi dunia edukasi. (BA/Hum).

Sekolah Cgp Panenraya
  1. TULISAN TERKAIT